Wisuda IKIP Budi Utomo ke-32 Diwarnai Kejutan

Wisuda IKIP Budi Utomo ke-32 Diwarnai Kejutan

Kolaborasi Rektor IBU, wali wisudawan, wisudawan/ti, dan Ketua LLDIKTI, menyanyikan 'Kemesraan'. (Foto: Bikhum IBU-aremamedia.com)

MALANG – Ada yang beda dalam prosesi wisuda IKIP Budi Utomo (IBU) Malang yang digelar Sabtu (30/3/2019) di GOR Ken Arok.

Prosesi Wisuda yang diikuti sekitar 1.232 mahasiswa ini tidak seperti wisuda perguruan tinggi kebanyakan. Dengan kata lain IBU kembali membuat kejutan prosesi wisuda.

Saat pemindahan tali toga atau kuncir, mahasiswa yang jumlahnya ribuan atau ratusan biasanya maju satu per satu dan kuncir dipindah oleh rektor. Saat wisuda IBU kali ini hanya simbolis diwakili satu mahasiswa dari tiga mahasiswa yang maju ke panggung.

Usai Rektor IKIP Budi Utomo  Dr H Nurcholis Sunuyeko MSi memindahkan kuncir, secara serentak seluruh mahasiswa pun memindahkan kuncirnya dari sebelah kiri ke kanan.

Pemindahan tali toga menandakan mahasiswa telah lulus dan siap terjun ke masyarakat.

Seperti wisuda sebelumnya, wisuda IBU kali ini yang bertema ‘Harmonisasi dalam¬† Kebhinekaan, dikemas dalam wisudataitnmen penuh kejutan.

“Meski diwarnai entertain, tidak mengurangi kesakralan prosesi wisuda,” ujar Nurcholis.

Kejutan lain untuk para wisudawan ketika wali wisudawan, Ny Santi diminta naik panggung. Diiringi dua wisudawan, Ketua LLK Dikti Jatim, Suprapto, dan tentu saja Rektor IBU, Nurcholis, nyanyi bersama ‘Kemesraan’.

Itulah IBU yang sejak 10 tahun terakhir, prosesi wisuda IBU out of the boxs-nya memang ditunggu-tunggu mahasiswa. Bahkan prosesi wisuda yang tidak jarang bertabur artis ini akhirnya banyak diiikuti perguruan tinggi lainnya.(*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad