Wisata Edukasi Desa Tulungrejo Batu Mulai Viral

Wisata Edukasi Desa Tulungrejo Batu Mulai Viral

Rumah Indian yang menjadi salah satu daya tarik wisata edukasi Desa Tulungrejo, Batu. (Foto: Iwan Setiawan-aremamedia.com)

BATU – Siapa sangka, meski masih dalam pengembangan, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, sudah terkenal.

Kepala Desa Tulungrejo, Suliono, mengakui hal itu. “Wisata edukasi ini memang masih dalam pengembangan pembangunan,” akunya.

Meski demikian, beberapa wahana bisa dinikmati dan diminati wisatawan. “Contohnya bebek onthel, rumah indian, rumah terbalik dan tempat foto,” katanya.

Menggunakan konsep wisata edukasi, Desa Tulungrejo mengajarkan banyak hal kepada wisatawan.

Selain menghirup udara segar, wisatawan bisa menimba ilmu seperti cara berternak kelinci. Bisa juga belajar bertani jamur serta cara bercocok tanam berbagai macam sayuran.

“Intinya kami mengenalkan cara orang pegunungan berternak dan bercocok tanam namun tetap memegang kultur kearifan lokal,” tambahnya.

Kepala Desa Tulungrjo menyambut Kepala SMAN 7 Surabaya ( Foto : Iwan Setiawan-aremamedia.com)

Dengan adanya wisata edukasi ini banyak keuntungan yang didapat warga Desa Tulungrejo. Secara ekonomis para petani tidak repot menjual hasil panennya. Yang tak kalah penting, meningkatkan SDM para petani sehingga berdampak pada taraf hidup.

Desa Tulungrejo, sambung Suliono, sering dikunjungi institusi pendidikan atau sekolah. Hal ini memberikan dampak positif bagi pelajar. Terutama dalam menjaga lingkungan dan lebih mengerti pentingnya menjaga keseimbangan Sumber Daya Alam (SDA).

Salah satunya rombongan sekitar 600 orang dari SMAN 7 Surabaya. Mereka langsung diiringi Kepala Sekolah Khairil Anwar. (*)

Pewarta : Iwan Setiawan (Mg-1)
Editor : Noordin Djihad