Wali Kota Malang Sambut Positif Regulasi Zonasi PPDB

Wali Kota Malang Sambut Positif Regulasi Zonasi PPDB

Wali Kota Malang, Sutiaji saat melantik Kepala SD-SMP di Dinas Pendidikan Kota Malang. (foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

MALANG – Sutiaji memberi tanggapan positif mengenai beredarnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 51 Tahun 2018. Permen tersebut terkait sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang berlaku dan mengikat untuk seluruh sekolah negeri.

“Saya berharap agar regulasi itu ditaati karena manfaatnya banyak. Apalagi saya dengar Pak Muhadjir Effendi (Mendikbud, Red) akan memakai instrumen terhadap daerah yang taat dan abai atas regulasi zonasi dalam PPDB,” sambut Sutiaji saat diwawancarai setelah melantik Kepala SD-SMP, Kamis (18/4/2019).

Sutiaji mengapresiasi sikap tegas Permen tentang zonasi dalam PPDB tahun 2019 terkait erat dengan tujuan dalam pendidikan nasional. Yakni, memberikan pendidikan yang merata dan berkualitas di seluruh jenjang.

Menurutnya, Permen ini merupakan amanah undang-undang terkait hak warga negara mendapatkan pendidikan yang sama, wajib belajar 12 tahun. Selain itu, juga sebagai acuan dalam memetakan persoalan pendidikan yang ada di daerah.

Masih kata Sutiaji, melalui sistem zonasi dalam PPDB, akan diketahui persoalan pendidikan di daerah.
“Misalnya terkait sebaran dan kualitas guru maupun sarana dan prasarana (gedung sekolah) serta kurikulumnya,” terang politisi Partai Demokrat itu.(*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad