Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Tanoto Foundation Berikan Pelatihan Program PINTAR

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Tanoto Foundation Berikan Pelatihan Program PINTAR

Tulus Sutopo, Kabid Sekolah Menengah Pertama Kutai Kartanegara membuka pelatihan pembelajaran untuk para pendidik di Kutai Kartanegara

KUKAR- Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang pendidikan, Pemda Kutai Kertanegara (Kukar) menggandeng Tanoto Foundation memberikan pelatihan pengajaran dengan metode baru.

Metode baru dengan pendekatan MIKIR ini melibatkan siswa secara langsung. Menurut Kabid Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Kukar, Tulus Sutopo, program tersebut baru diluncurkan Kemendikbud, awal September lalu.

“Kami menyambut baik Pemda Kukar terpilih sebagai salah satu mitra Program Pintar yang diprakarsai Kemendikbud, Kemenristekdikti dengan Tanoto Foundation,” ujarnya.

Diakui Tulus, sejak 2013 tidak ada pelatihan bagi para guru di Kukar, sehingga metode mengajar guru kurang terbarui. “Pelatihan ini sangat sesuai dengan visi misi daerah ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah,” ujarnya.

Program PINTAR atau Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran merupakan program yang awalnya bernama Pelita Pendidikan. Ini adalah hasil kerja sama antara Kemendikbud, Kemenristekdikti dan Pemerintah Daerah agar siswa tidak hanya memeroleh pengetahuan ilmiah tetapi juga terasah ketrampilannya.

“Agar mereka mampu berpikir kritis, bekerja sama dalam lingkungan multikultural, kreatif, inovatif dan komunikatif sehingga mampu menghadapi tantangan abad 21,” terangnya.(*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad