Terwujudnya Mimpi Mantan Carik Menjadi Wakil Rakyat

Terwujudnya Mimpi Mantan Carik Menjadi Wakil Rakyat

Khamim Tohari saat menemui awak media di kediamannya. (Foto: istimewa-aremamedia.com)

BATU – Berangkat dari masyarakat sipil dan keluh kesah sebagai rakyat biasa, Khamim Tohari, mantan Kepala Dusun Gondang, Desa Tulungrejo terinspirasi untuk menjadi wakil rakyat. Seperti gayung bersambut, pada Jumat (30/8/2019) dirinya nampak mengisi wajah baru anggota DPRD Kota Batu.

Fokus mengubah kegiatan kamuflase kaum elite yang ada, merupakan tujuan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) fraksi PDI-P ini. Alih-alih memperjuangkan aspirasi masyarakat yang setiap hari ia dengarkan, tekadnya muncul untuk mencoba menembus ketatnya pemilihan legislatif di Kota Batu.

“Saya ini rakyat biasa, jadi biasa merasakan sendiri semua program itu sebenarnya sudah ter plot. Dalangnya sudah ada, dari tahap Musyawarah Desa (Musdes) sampai Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang),” tegas dia.

Ketika menjabat sebagai kepala dusun, banyak kejanggalan yang dia rasakan, terlebih keluhan warga yang sering ditujukan kepadanya. Salah satu contoh, ia pernah mengusulkan untuk perbaikan jalan di salah satu jalan rusak kawasan Desa Tulungrejo. Tapi hingga ia terpilih menjadi anggota dewan nasib jalan tersebut tetaplah sama.

“Program dari kota itu sering tidak tepat sasaran. Contoh, ada warga yang memiliki keterampilan dan membutuhkan peralatan dibiarkan. Tapi yang tidak membutuhkan dan memiliki kedekatan khusus dengan orang dalam justru diberikan,” imbuhnya.

Karenanya, setelah menjadi anggota dewan dirinya siap untuk ditempatkan dimana saja. Karena bagaimanapun juga dirinya terpilih dari suara rakyat, pun politisi PDI-P itu berharap dengan jabatan barunya bisa difungsikan langsung ke masyarakat Kota Batu. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad