Terarrium karya siswa SMKN 2 Batu Jadi Hiasan Rumah dan Bernilai Ekonomis

Terarrium karya siswa SMKN 2 Batu Jadi Hiasan Rumah dan Bernilai Ekonomis

Beberapa tearrium karya siswa jurusan Agribisnis SMKN 2 Batu (foto: Iwan Setiawan-aremamedia.com)

BATU – Memiliki lahan luas benar-benar dimanfaatkan SMKN 2 Batu mendidik siswa beragribisnis. Mereka dilatih mengolah dan merawat tanaman yang lebih efisien serta bernilai ekonomis.

Itulah yang dilakukan siswa jurusan Agribisnis Tanaman (AT) sehari-hari. Gara-gara itu pula Jurusan AT banyak peminatnya.

‘Mereka juga dilatih mengembangkan teknik bertanam secara sederhana,” kata guru Jurusan AT, Neni Rukmiati SS. M.Agr.

Dengan lahan terbuka luas, diakui Neni menjadi modal untuk mengembangkan jurusan AT. “Siswa bisa berkreasi pada tanaman dengan leluasa,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, yang jadi alasan jurusan tersebut diminati. “Kegiatan jurusan AT ini memang sering di luar ruangan. Tak heran banyak siswa yang menyukainya,” katanya.

Meski demikian, lanjut Neni, pihak sekolah juga mengajarkan bertanam di lahan terbatas.

Salah satu karya siswa jurusan AT adalah terarrium. Jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. “Tanaman ini menggunakan toples kaca atau botol kaca. Medianya menggunakan sekam atau serabut kelapa, tanah dan kompos,” terangnya.

Tanaman yang bisa dijadikan tererrium, kata Neni adalah kaktus dan sukulen. “Cara perawatannya juga mudah, tidak perlu disiram setiap hari. Terarrium juga tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung,” urainya.

Terarrium ini sering dijadikan hiasan di dalam rumah karena tidak memakan banyak tempat. “Kalau sudah demikian, terarrium pun bisa bernilai ekonomis.(*)

Pewarta : Iwan Setiawan (Mg-1)
Editor : Noordin Djihad