Tali Asih Bhabinkamtibmas Perempuan di Polsek Batu, Potret Polisi Sahabat Masyarakat

Tali Asih Bhabinkamtibmas Perempuan di Polsek Batu, Potret Polisi Sahabat Masyarakat

Brigadir. Siti Nurlaila, melaksanakan kegiatan sambang dan binluh kepada salah satu lansia di Kecamatan Batu. (Foto: Doi Nuri - aremamedia.com)

BATU – Berbeda dengan di desa lainnya, lingkungan Desa Pesanggrahan Kec.Batu memiliki Bhabinkamtibmas perempuan. Jelas saja, tanpa mengesampingkan tugasnya sebagai mediator penegakan kondusifitas suatu lingkungan, tidak jarang dirinya melakukan pendekatan dengan cara yang lebih luwes kepada masyarakat.

Seperti yang Siti Nur Laila lakukan pada Rabu (9/10/2019). Saat melakukan tugasnya mengunjungi masyarakat, Polwan berparas mempesona siang itu sambang ke rumah salah satu warga lansia di RT.02/RW.01 Pesanggrahan, Mbok Sunarni. Meski sudah dalam kondisi renta, semangat perempuan yang sudah memasuki katagori lansia tersebut terlihat penuh semangat.

“Beliau sudah sepuh sekali. Karena itu kami imbau untuk selalu berhati-hati dalam segala hal. Dengan kondisi beliau seperti ini, ternyata masih peduli kepada orang lain. Malah saya diberi makan tadi. Ini tradisi santun bangsa kita yang harus selalu lestari,” urai Laila.

Meski hanya dengan lauk seadanya, terlihat Laila lahap menghabiskan makanan tersebut. Bahkan Mbok Sunarni mempersilahkan dirinya untuk sering-sering mampir ke rumahnya. Setelah menyelesaikan makannya, Laila memberikan imbauan kepada perempuan lansia tersebut lantas mencium tangannya dan berpamitan melanjutkan kunjungan.

“Imbauan secara umum, standar sih. Jangan lupa mengunci rumah dan tidak memakai perhiasan yang berlebihan bila bepergian. Berhati-hati terhadap orang yang tidak dikenal dan mencurigakan serta tetap menjaga kesehatan dengan membersihkan lingkungan,” imbuhnya.

Kedekatan aparat penegak hukum dengan masyarakat, sangat dibutuhkan. Terlebih cara pendekatan yang mengedepankan kemanusiaan, akan lebih mampu diterima oleh masyarakat. Sebab itulah, Polres Kota Batu berkomitmen untuk semakin dekat dan menjadi sahabat masyarakat. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad