Tahun 2020, Polimema Buka D – 4 Pengelolaan Kearsipan dan Rekaman Informasi

Tahun 2020, Polimema Buka D – 4 Pengelolaan Kearsipan dan Rekaman Informasi

Pembantu Direktur (Pudir ) I Politeknik Negeri Malang (Polinema), Supriatna Adhisuwignyo

AREMAMEDIA.Com-Tahun 2020, Politeknik Negeri Malang (Polinema) berencana membuka program studi )prodi) D4 Pengelolaan Kearsipan dan Rekaman Informasi.

Menurut Pembantu Direktur (Pudir) I, Supriatna Adhisuwignyo, sesuai dengan permintaan pasar.

“Izin prinsipnya sudah bisa operasional namun tunggu SK,” ujarnya.

Meski begitu tidak menutup kemungkinan tahun 2020 ini, D-4 Kearsipan ini sudah bisa menerima mahasiswa baru.

Dikatakan, semakin besar organisasi, dibutuhkan penyimpanan dokumentasi yang rapi apakagi saat ini data atau arsip-arsip penting tak hanya disimpan secara manual tetapi juga digital. “Harus ada tenaga khusus yang menanganinya. Untuk itu prodinya juga ada rekaman informasi,” terang Priatna.

Alasan lain membuka prodi baru ini karena kebutuhan tenaga fungsional seperti arsiparis saat ini tinggi untuk menata, menyimpan dan menginventarisir.

Menyinggung istilah Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK PN) yang mulai Tahun 2020 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) semata mata untuk menyamakan bahwa Politeknik adalah pendidikan vokasi yang setara dengan pendididkan di kampus akademis.

SNMPN yang berlaku di seluruh politeknik negeri di Indonesia menurutnya secara sistem tidak beda dengan PMDK PN.

Begitu juga dengan istilah Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) istilahnya juga berubah menjadi Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)

Sementara hasil rapat Rabu (8/1/2020) kemarin, tahun ini Polinema juga berencana memberi tiga opsi pada calon mahasiswa baru di SNMPN.

“Mulai tahun inu opsi double degree sejak awal kami tawarkan. Mengingat biayanya tinggi. Selama ini double degree ditawarkan setelah mahasiswa semester 5,” terangnya.

Tiga opsi yang diawarkan tersebut adalah kelas reguler, internasional dan double degree.

Seperti diketahui intuk kelas double degree Polinema telah bekerjasama dengan dua perguruan tinggi di China dan 1 perguruan tinggi di Malaysia dengan pola pembelajaran 2-2 dua tahun di Polinema dua tahun di luar.

Penulis : Sapteng
Editor : Noordin Djihad