Tagana dan BPBD Kota Batu Kawal Libur Lebaran di Titik Rawan Bencana

Tagana dan BPBD Kota Batu Kawal Libur Lebaran di Titik Rawan Bencana

Lokasi wisata Batu Flower Garden di area Coban Rais salah satu wisata yang cukup tinggi animo pengunjungnya, juga masuk dalam daerah rawan bencana. (Foto: istimewa)

BATU – Kota Batu menjadi salah satu destinasi libur Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah, yang menjadi fokus wisatawan. Karenanya, Taruna Tanggap Bencana (TAGANA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, siap mengamankan beberapa titik wisata yang dianggap rawan bencana kebakaran dan tanah longsor.

Area Wisata dengan jalur rawan bencana yang dimaksud, adalah di wilayah lereng Gunung Panderman, lereng Gunung Arjuna, dan Kota Batu bagian barat yang merupakan jalur rawan kebakaran. Sementara kawasan Payung, penghubung Malang – Mojokerto yaitu Sumberbrantas, dan jalur penghubung Kota Batu – Jombang juga layak diwaspadai rawan longsor.

Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim saat dikonfirmasi aremamedia pada Selasa, (4/6/2019) mengatakan meski sudah memasuki musim kemarau, namun kesigapan pada titik rawan longsor tetap harus ditingkatkan. Tentunya, kerjasama para wisatawan untuk tetap waspada juga sangat membantu upaya pengamanan libur lebaran tahun ini tanpa bencana.

“Sekarang sudah masuk musim kemarau rawan terjadi kebakaran. Namun yang perlu diwaspadai juga faktor iklim cuaca lokal seperti angin yang rawan pohon tumbang bagi pengguna jalan, tanah longsor pun juga tetap kami antisipasi meski sudah tidak ada lagi curah hujan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TAGANA Kota Batu Simon Purwo Ali memberi penegasan, meski pihaknya secara resmi tidak ikut mendirikan posko bencana, namun mantan anggota Dewan Kota Batu ini menyatakan siap bersama anggota terjun dalam giat penanganan.

“Secara resmi, kami tidak mendirikan posko bencana, tapi 42 anggota TAGANA Kota Batu siap turun kapanpun, meski kita tidak mengharapkan terjadi bencana di Kota Batu, khususnya selama libur lebaran ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, BPBD dan TAGANA mengimbau kepada para wisatawan agar turut menjaga kewaspadaan kepada potensi bencana apapun di lokasi tempat mereka berwisata, harapannya, libur lebaran tahun ini lancar tanpa kabar duka.

“Kami dari BPBD Kota Batu selain akan mewaspadai kemungkinan kejadian longsor di jalur wilayah perbukitan. Selain itu potensi kejadian kebakaran yang biasanya terjadi saat musim kemarau juga terus diwaspadai,” tegas Rochim

“Kami ucapkan selamat merayakan idulfitri, semoga semua masyarakat yang datang ke Kota Batu senantiasa aman, sementara itu kami tetap dalam kewaspadaan yang tinggi,” pungkas Simon. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad