Stok E-KTP Dispendukcapil Kota Batu Habis

Stok E-KTP Dispendukcapil Kota Batu Habis

Kepala Dispendukcapil Kota Batu ketika memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: Doi Nuri)

BATU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, kehabisan stok blanko E-KTP. Akibatnya pelayanan terhadap masyarakat terhambat. “Tidak hanya di Dispendukcapil Kota Batu. Kota maupun di kabupaten lain juga kehabisan,” kata Kepala Dispendukcapil Kota Batu, Mauludiono, Jumat (14/6/2019).

Menyikapi hal itu, lanjutnya, masyarakat Kota Batu yang mengajukan E- KTP diganti dengan surat keterangan sementara. Namun, hanya bagi pemohon yang melakukan perubahan status yang diberi surat keterangan. Seperti halnya dari kawin menjadi tidak kawin, dan KTP rusak atau hilang, hingga perpindahan domisili.

Sebenarnya, E-KTP yang tersisa hanya disediakan untuk pemohon KTP baru. Terlebih setelah libur lebaran, pihaknya menuturkan biasanya pemohon E-KTP meningkat. Untuk itu, ia memprioritaskan pemohon baru yang diperkirakan lebih sedikit jumlahnya.

“Bagi pemohon baru, kami beri E-KTP langsung. Kami hanya disediakan 500 blanko dan itu merata di setiap kota maupun kabupaten, antisipasi itu hanya untuk memaksimalkan pelayanan hingga ada kiriman lagi dari pusat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, setiap kiriman baru dari pusat mendapat jatah sejumlah 5.000 blanko. Dengan sejumlah itu, menurutnya akan habis dalam waktu dua bulan.

“Kemungkinan tidak sampai satu bulan, masyarakat bisa menukarkan surat keterangan untuk mendapatkan E-KTP,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad