SMK PGRI 3 Malang Sambut Ramadan dengan Metode ESQ Saat Pondok

SMK PGRI 3 Malang Sambut  Ramadan dengan Metode ESQ Saat Pondok

Pelaksanaan pondok Ramadan SMK PGRI 3 Malang di Ponpes Darul Ulum Al Fadholi, dua tahun lalu. (foto: istimewa-aremamedia.com)

MALANG – Bulan Ramadan yang akan dimulai 5 Mei 2019 mendatang, jauh hari telah dipersiapkan SMK PGRI 3 Malang. Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Agama Islam, SMK PGRI 3 menyiapkan metode pondok Ramadan (Pondan) berbasis psikologi.

Menurut Koordinator MGMP Agama Islam di SMK PGRI 3 (Skariga) Malang, Muhammad Abdul Nashir, kegiatan ini untuk membentuk karakter religius pada siswa-siswinya.

“Pondan akan berlangsung empat hari diikuti seluruh siswa-siswi kelas XII semua jurusan di Pondok Pesantren Darul Ulum Al Fadholi Putri,” kata Nashir, Senin (29/4/2019).

Jika dijumlahkan, lanjutnya, sekitar 900 siswa. “Jadi, per hari nanti yang ikut antara lima sampai 10 kelas per hari,” ujarnya kepada aremamedia.com.

Lebih lanjut, pria asal Lamongan itu menjelaskan penekanan materi kegiatan tahunan tersebut, salah satunya dengan metode Emotional Spiritual Quotient (ISQ).

“Dampak dari akhlak itu sangat vital di tengah masyarakat. Kami tidak ingin alumni Skariga yang identik dengan kedisiplinan justru tidak bisa menerapkan akhlak. Karena itu lewat metode kontemplasi apalagi dalam kondisi puasa, di bulan mulia pula, saya yakin efeknya bagus untuk anak-anak kami,” urainya.

Terlebih, sambungnya, siswa-siswi kelas XI sebentar Praktik Kerja Industri (Prakerin). “Dunia industri jadi tempat belajar selama setahun. Riskan jika mereka tidak dibekali akhlak menjelang mereka terjun ke lingkup kemasyarakatan, karena mayoritas prakerin di luar kota,” pungkasnya.(*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad