Sirkuit Karate IV Forki Kota Malang Jaring Karateka Berprestasi

Sirkuit Karate IV Forki Kota Malang Jaring Karateka Berprestasi

Peserta tingkat SD sedang bertanding dalam katagori Kata. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

MALANG – Aula SMAN 8 Malang mulai Sabtu (27/4/2019) pagi tadi hingga siang ini dipenuhi karateka-karateka cilik. Mereka memang sedang berlaga untuk mengasah kemampuan bela diri.

Di kelas eksebisi, memang sedang dipertandingkan karateka usia dini menyambut Piala Piala Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia Pengcab Kota Malang (FORKI) dan Rektor IKIP Budi Utomo Malang. (Baca juga: Ribuan Karateka Ikuti Sirkuit Karate Pelajar IV).

Ketua FORKI Kota Malang, Dr H Nurcholis Sunuyeko, mengatakan, peserta dari kalangan pelajar tingkat SD, SMP, SMA, dan sederajat mempertandingkan 21 kelas dan kategori. “Mereka semua merupakan binaan FORKI Kota Malang,” tandasnya.

Nurcholis yang juga Rektor IKIP Budi Utomo Malang ini menambahkan, even ini dimanfaatkan sebagai ajang pencarian dan pembinaan potensi.

“Peserta yang berpotensi akan masuk penyaringan atlet Forki, dan disiapkan untuk tahap jenjang kompetisi seperti O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional), POPDA (pekan olahraga pelajar Daerah), dan PORPROV (pekan olahraga provinsi) bahkan hingga level Internasional,” terangnya.

Semua ini, sambungnya, sebagai tindak lanjut pembinaan karateka usia dini, pemula, dan kalangan pelajar di Kota Malang dan kawasan Malang Raya. “Inilah alasan acara ini rutin digelar tahunan,” jelas Nurcholis lagi.

Pria ramah ini bahkan menyebut Kota Malang merupakan salah satu basi olah raga karate. “Membina generasi muda dan mencetak atlet-atlet berprestasi di tingkat Malang Raya, merupakan proses pembinaan yang targetnya bisa berkompetisi di tingkat Nasional maupun Internasional,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad