Siapkan Hadiah Rp 1,3 M, Blibli.com Ajak UMKM Pameran di Luar Negeri

Siapkan Hadiah Rp 1,3 M, Blibli.com Ajak UMKM Pameran di Luar Negeri

Suasana di booth informasi The Big Start Indonesia Season 4. (Foto: istimewa-aremamedia.com)

BANDUNG – Kompetisi wirausaha bagi pengusaha kreatif tergolong UMKM bertajuk The Big Start secara resmi dibuka. Pembukaan ini juga disemarakkan oleh 100 pengusaha kreatif yang akan memamerkan produk mereka di festival UMKM The Big Start. “Pelatihan-pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan platform penjualan online untuk memperluas usaha mereka,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Iwa Karniwa, SE., AK., MM., CA., PIA, di rilis yang diterima aremamedia.com, Rabu (28/8/2019).

Menurutnya, kesuksesan yang dicapai UMKM secara digital akan berkontribusi pada realisasi target pemerintah Jawa Barat dalam memajukan 5.000 UMKM. “Dengan demikian mendukung target Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020,” katanya optimistis.

Deputy CMO blibli.com, Andy Adrian, mengungkapkan, sejak berdiri pada 2011 lalu, Blibli.com sudah membantu UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Barat, untuk go online. Saat ini, lebih dari 3.000 UMKM Jawa Barat yang tergabung di Blibli.com per kuartal dua 2019. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 125 persen dibanding periode yang sama di tahun 2018.

Melalui kompetisi TBS Bandung ini, pihaknya ingin mewujudkan komitmen jangka panjang untuk mengembangkan UMKM, sejalan dengan visi-misi program pemerintah Jawa Barat,” katanya seraya menambahkan kompetisi The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar dan akan fokus pada emmpat kategori utama, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya.

Melalui TBS Season 4 ini, lanjut Andy, blibli.com juga memfasilitasi para pengusaha kreatif untuk menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha. “Ketujuh tantangan ini adalah pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, penggunaan platform online, serta kreatifitas dan inovasi,” sambungnya.

Andy lantas merinci program-program TBS yang akan membantu creativepreneur untuk menjawab tantangan pasar. Pertama, menghubungkan pengusaha kreatif creativepreneur dengan pasar internasional. “Ini untuk kali pertamaTBS menghubungkan pengusaha kreatif Indonesia dengan pasar Internasional. Mereka ini kami bawa ke ajang pameran luar negeri melalui kerja sama dengan Kementerian Perindustrian,” ujar Andy yang berobsesi menargetkan kehadiran UMKM di beberapa international expo di Eropa dan Amerika.

Kedua, memberikan kesempatan bagi pengusaha kreatif untuk berkolaborasi dengan merek-merek terkemuka. menggandeng 15 merek dengan 15 Influencer (KOL), termasuk Kanva Home & Living x Hari Prast, Pipiltin Cocoa x Chef Juna dan Chiel x Cindercella.

Ketiga, pengetahuan bisnis melalui pelatihan pemasaran dan manajeman bisnis. “Ribuan creativepreneur yang telah mendaftar di TBS akan dikurasi menjadi top 100. Mereka kemudian akan dibantu untuk masuk ke platform Blibli.com dan akan diberikan program pendampingan oleh tim Galeri Indonesia,” lanjutnya.

Kemudian, akan dipilih top 20 usaha kreatif yang akan diberikan pelatihan secara intensif mengenai marketing & branding, financial planning, hukum usaha, dan keterampilan pemasaran lainnya. “Pada akhirnya, akan terpilih empat pengusaha kreatif muda terbaik untuk diberikan hadiah sebagai modal usaha,” terangnya.(*)

Pewarta : Noordin Djihad