Siap ‘Pelototin’ Pilgub, Tiga Kalangan Pemantau Pilgub Daftarkan Diri Ke KPU

Siap ‘Pelototin’ Pilgub, Tiga Kalangan Pemantau Pilgub Daftarkan Diri Ke KPU

MALANG – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur sangat menarik, terutama bagi warga dan masyarakat yang ingin terlibat langsung dalam berpartisipasi aktif dalam pemantauan. Itu bisa dilihat dari jumlah pemantau yang sudah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Dalam rilis resmi yang diterima aremamedia.com, hingga Selasa (22/5) lalu,  sebanyak tiga kalangan pemantau Pilgub Jawa Timur, yang telah menyerahkan syarat pendaftaran. Ketiganya adalah dari Indonesian Voter Initiative Democracy (IVID), Gerakan Mahasiswa (Gema) Kosgoro Jawa Timur dan Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur.

Dari tiga pemantau tersebut, sebanyak dua pemantau yakni IVID dan Gema Kasgoro yang sudah mengantongi akreditasi dari KPU Provinsi Jawa. Sedangkan satu lembaga pemantau yakni KIPP Jawa Timur, masih menjalani proses akreditasi.

“Untuk pemantau yang sudah memenuhi syarat, nanti akan mendapatkan akreditasi yang bisa digunakan untuk beraktifitas memantau,” jelas Plt Kassubag Teknik KPU Provinsi Jawa Timur, Eddy Prayitno.

Edi menambahkan, untuk pendaftaran pemantau Pilgub Jawa Timur sendiri akan berlangsung sampai satu bulan sebelum pelaksanaan hari pencoblosan. Itu artinya, masih ada waktu bagi para pemantau lain untuk mendaftarkan diri dan berpartisipasi dalam pemantauan Pilgub Jawa Timur yang digelar Rabu 27 Juni mendatang.

“Tapi tetap akan menjalani proses pemeriksaan persyaratan, sebelum mendapatkan akreditas pemantau Pilgub Jatim,” pungkasnya.(*)

 

Pewarta : Shinta M Lubis

Editor : Shuvia Rahma