Seperti Jokowi, Menhub Ikut Bagi-bagi Sepeda ke Mahasiswa UM

Seperti Jokowi, Menhub Ikut Bagi-bagi Sepeda ke Mahasiswa UM

Menhub Budi Karya didampingi Rektor UMM, Fauzan, membagi hadiah kepada mahasiswa yang berhasil menjawab tantangan. (Foto: Emil Meireza S-aremamedia.com)

MALANG – Menteri Perhubungan, Budi Karya, seakan tak mau kalah bagi-bagi sepeda. Momen ini dilakukan Budi saat diskusi bersama Mendikbud, Prof Dr Muhadjir Effendy di Dome UMM, Jumat (30/11/2018).

Diskusi bertema “Indonesia Hebat” yang dihadiri ribuan mahasiswa tersebut berlangsung santai. Sebagai moderator, bukan dari kalangan akademisi, tetapi tiga pelawak yang terdiri dari Topan, Andri, dan Dargombes.

Budi Karya yang duduk semeja dengan Muhadjir pun disambut dengan dagelan-dagelan khas ketiga pelawak itu.

Kemudian diskusi pun diawali dengan capaian pemerintahan di empat tahun terakhir, melalui layar besar di panggung.

Budi memperlihatkan capaian pemerintah seperti infrastruktur tol Trans Jawa, jalan Tol Sumatera dari Bakaehuni hingga Palembang. Selain itu juga, ketimpangan wilayah Papua yang semakin berkurang. “Dulu di Papua, harga 1 liter BBM bisa sampai Rp 50 ribu, sekarang hampir sama dengan di Pulau Jawa,” selorohnya.

Muhadjir sesekali menimpali penjelasan Budi. Mantan Rektor UMM ini mengungkapan dukungan terhadap capaian pemerintah untuk terus berusaha agar lebih baik dari sebelumnya.

Misalnys ketika Menhub menjelaskan utang Indonesia yang masih stabil dibanding negara-negara lain seperti Malaysia, Brazil, ataupun Turki. “Utang itu tidak apa-apa selama dibuat untuk investasi, bukan untuk kepentingan sendiri-sendiri,” jelas Muhadjir.

Diskusi jadi cair ketika Menhub membagi-bagikan hadiah untuk mahasiswa yang berani maju dan menerima tantangan. Tentu saja para mahasiswa sangat antusias. Mereka berebut maju menjawab tantangan. Alhasil beberapa hadiah berupa helm, souvenir, sepeda listrik, dan lainnya berpindah ke tangan mahasiswa. (*)

Pewarta: Emil Meireza Sulaiman (Mg-2)
Editor : Noordin Djihad