Senam Berkain, Ini yang Dilakukan Komunitas Cinta Berkain Indonesia.

Senam Berkain, Ini yang Dilakukan Komunitas Cinta Berkain Indonesia.

Kaum emak dengan santainya senam meski berkain. (Foto: SM Nunggal-.aremamedia.com )

MALANG – Senam dengan mengenakan kain panjang (sewek), kenapa tidak? Itu yang dilakukan Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Malang Raya.

Sambil berdendang, sekitar 150 perempuan yang tergabung dalam komunitas Ini mengikuti irama dengan gerakan senam yang rancak.

Mereka kelihatan santai dan tidak sedikitpun merasa ribet. “Berkain tidak harus yang mlipit. Sesuaikan saja dengan momen dan suasana,” ujar Ketua KCBI Malang Raya, Dewanti Rumpoko.

Acara yang digelar KCBI Malang Raya ini memang unik. Tahun sebelumnya misalnya, dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, komunitas ini blusukan ke pasar tradional hanya untuk memberikan apresiasi pedagang yang konsisten mengenakan kain panjang.

Kali ini mereka senam dengan mengenakan kain panjang. Toh nyatanya kaum emak-emak ini tetap exis berkegiatan dan kelihatan elegan.

Menurut Dewanti berkain panjang tidak mengalangi segala aktifitas. “Sekarang pun berkain panjang tidak harus dikenakan saat acara formal,” katanya.

Kecintaan berkain sebagai seni budaya asli Indonesia inilah yg mengapresiasi berbagai kegiatan KCBI Malang Raya, selain memperkokoh keberadaan KCBI Malang Raya tentunya. (*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad