Satgas IBU Blusukan Bagi-bagi Gratis Seperangkat Cegah Covid-19

Satgas IBU Blusukan Bagi-bagi Gratis Seperangkat Cegah Covid-19

Satgas Cegah Covid-19 IBU secara simbolis membagikan gratis seperangkat paket yang diterima Ketua RW 09, Kelurahan Lesanpuro. (Foto: istimewa)

MALANG – Langkah cepat dilakukan IKIP Budi Utomo Malang untuk membantu meredakan wabah Covid-19 dengan membagikan secara gratis seperangkat paket lengkap, Selasa (31/3/2020).

Rektor IBU, Dr H Nurcholis Sunuyeko, M.Si, sebelumnya membentuk Satgas Tanggap Covid-19 untuk membagikan perangkat lengkap terdiri dari hand sanitizer, sarung tangan, dan penyemprotan desinfektan.

Sasaran Satgas IBU kali ini wilayah RW 09 Kelurahan Lesanpuro, Kedungkandang, Malang yang terdiri dari 14 RT.

Dikatakan Nurcholis, paket lengkap cegah Covid-19 ini merupakan hasil produksi dosen dan mahasiswa IBU. “Produk ini sudah teruji di laboratorium IBU sehingga terjaga kualitas hasilnya,” imbuhnya.

Menurutnya, semua ini merupakan wujud kepedulian dan pengabdian dosen dan mahasiswa IBU sebagai upaya pencegahan langsung ancaman Covid-19 di tengah masyarakat.

“Dari awal mewabahnya Covid-19 ini, IBU langsung mengambil inisiatif dengan membentuk Satgas Tanggap Covid-19. Langkah ini sebagai respon realita langkanya alat-alat proteksi covid-19 ini di tengah masyarakat, padahal sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Karenanya, lanjutnya, kami mengambil langkah cepat dengan menggratiskan alat-alat proteksi ini. “Kami mendorong sivitas akademika, dosen dan mahasiswa khususnya pada Program Studi Biologi untuk membuat dan memproduksi bahan-bahan yang dapat mencegah virus ganas ini,” ujarnya.

Nurcholis mengaku bersyukur IBU memiliki laboratorium yang cukup baik dan lengkap, sehingga bisa dengan cepat memproduksi bahan-bahan ini (hand sanitizer, sarung tangan, dan penyemprotan desinfektan). “Tentu kami juga bekerja sama dengan dengan pihak-pihak terkait dalam mewujudkan semua ini,” kata pria ramah ini.

Sementara itu Ketua RW 09 Kelurahan Lesanpuro, Agus Sukamto, mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan segenap sivitas akademika IKIP Budi Utomo Malang.

“Ini benar-benar dapat kami rasakan. Dengan adanya kegiatan ini (pembagian hand sanitizer, sarung tangan, dan penyemprotan desinfektan), masyarakat kami menjadi lebih tenang,” ujarnya.

Agus beralasan, selama ini masyarakat terlalu banyak mengonsumsi berita-berita yang terkadang cenderung hoax. “Jadi secara psikologis ini membuat warga kami menjadi lebih tenang. Kami berharap, bahwa langkah IKIP Budi Utomo Malang ini dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya,” harapnya.

Di Malang ini, katanya, kita memiliki banyak perguruan tinggi, tapi tidak banyak yang benar-benar dapat melakukan pengabdian dan kepedulian seperti ini.

Ditambahkan Kepala Satgas Covid-19 IBU, Riyanto, M.Pd, kegiatan sepertii ini bukan kali pertama. “Kami atas petunjuk rektor melakukan kegiatan semacam ini pada titik-titik rawan di Kota Malang. Tim Satgas menyisir kawasan-kawasan rawan penyebaran dengan memberikan hand sanitizer, sarung tangan dan penyemprotan gratis,” kata pria asal Situbondo ini.

Dia berharap Covid-19 ini segera teratasi dengan cepat. Selain itu juga mengajak kepada semua lembaga dan ormas untuk bergandeng tangan melakukan pengabdian semacam ini.”(*)

Pewarta : Noordin Djihad