SAMBA Merdeka IBU Dukung Merdeka Kampus

SAMBA Merdeka IBU Dukung Merdeka Kampus

Rektor IBU, Nurcholis Sunuyeko. (Foto: Noordin Djihad-aremamedia.com)

MALANG – IKIP Budi Utomo (IBU) kembali menyambut mahasiswa baru. Untuk episode II yang berlangsung Selasa (11/8/2020) ini, bertema Samba Merdeka karena bersamaan dengan Proklamasi ke-75 RI.

Rektor IBU, Dr H Nurcholis Sunuyeko M.Si mengatakan Samba Merdeka ini tak jauh beda dengan Samba I, yakni menyambut kehadiran mahasiswa baru di Kampus C, Jalan Cintandui, no.46.

Kali ini peserta Samba Merdeka berjumlah 150 mahasiswa, yang 50 ikut tatap muka sedangkan 100 lainnya melalui daring. “Peserta Samba yang sekarang terdiri dari periode II, III, dan IV,” imbuhnya.

Nurcholis menyebut kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan IBU ini tak lepas dari mengikuti instruksi Mendikbud, Nadiem Makarim, dengan konsep Kampus Merdeka.

“(Instruksi) Mas Menteri ini kami jabarkan, bahwa proses pembelajaran di institusi pendidikan tidak boleh berhenti,” tegasnya.

Tentu saja, semua itu harus memperhatikan prosedur tetap (protap) protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. “Mahasiswa harus menjalani rapid test, pakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak,” ujarnya lagi.

Caption:
Dosen dan mahasiswa baru saat pelaksanaan SAMBA Merdeka IBU Malang. (Foto: Noordin Djihad-aremamedia.com)

Yang membedakan lainnya dengan Samba I, pihaknya menghadirkan alumni yang sukses untuk memberi motivasi kepada mahasiswa baru. Terlihat hadir pemain Timnas, Arif Suyono yang akrab dipanggil Keceng.

SAMBA Merdeka kali ini juga mengenalkan konsep kebudiutamaan sebagai pilar pendidikan IBU. “Konsep inilah yang membedakan IBU dengan kampus-kampus lain agar mahasiswa IBU kelak saat lulus menjadi alumni berbudi utama,” tukasnya.

Selanjutnya Nurcholis berharap kepada mahasiswa baru yang sudah mendaftar agar segera daftar ulang supaya bisa mengikuti Samba periode berikutnya. (*)

Pewarta : Noordin Djihad