Resmi! Museum Mpu Purwa Dibuka Untuk Umum

Resmi! Museum Mpu Purwa Dibuka Untuk Umum

MALANG – Menteri Pebdidikan dan Kebudayaan (Mensikbud) RI, Muhadjir Effendi, Sabtu (14/7/2018) kemarin meresmikan Museum Mpu Purwa di Kota Malang. Museum yang berada di bawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang tersebut berisi koleksi peninggalan arkeologis mulai dari masa pemerintahan Mpu Sindok hingga Kerajaan Majapahit.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menjelaskan, museum yang memiliki luas 1.200 meter persegi dan dibangun dengan dana sebesar Rp 5 miliar tersebut berisi 136 koleksi dalam bentuk arca dan prasasti. Namun, dari jumlah tersebut hanya 58 yang ditampilkan sedangkan sisanya disimpan di storage.
“Bukti dari kehidupan masa lalu sangat beragam. Sebagian sudah disimpan di museum namun masih cukup banyak yang masih menjadi koleksi pribadi,” jelas Ida.
Salah satu koleksi kebanggaan Museum Mpu Purwa adalah patung atau arca Bodhisatwa Awalokiteswara. Arca berukuran besar tersebut ditemukan di kawasan Candi Singhasari dan karena ukurannya yang besar, arca berbentuk biksu botak dengan posisi bersila itu ditempatkan di luar ruangan.
Mendikbud RI, Muhadjir Effendi menjelaskan, kementerian berencana untuk meningkatkan perhatian terhadap benda-benda cagar alam. Salah satu upaya yang dilakukan adalah adanya alokasi anggaran khusus ke kebudayaan yang dituangkan dalam UU No 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.
“Dananya belum banyak, namun sudah dikhususkan ke kebudayaan. Insya Allah tahun 2019, kebudayaan juga mendapatkan alokasi anggaran khusus,” terang mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.(*)

Pewarta: Shinta M Lubis
Editor: Shuvia Rahma