Rendra Dipecat, Sanusi Resmi Jabat Bupati Malang

Rendra Dipecat, Sanusi Resmi Jabat Bupati Malang

Bupati Malang Sanusi usai dilantik, berfoto bersama anggota DPRD Kab Malang. (Foto: Istimewa-aremamedia.com)

MALANG – Rendra Kresna yang menjabat Bupati Malang resmi diberhentikan dengan tidak hormat. Sebagai gantinya, HM Sanusi dilantik sekaligus disumpah Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Grahadi, Surabaya Selasa (17/9/2019).

Sebelumnya, Sanusi yang Wakil Bupati Malang ditunjuk sebagai Plt Bupati Malang sejak Rendra ditangkap KPK karena terbukti korupsi.

Sanusi menjadi Bupati Malang melanjutkan sisa masa jabatan hingga 2021 mendatang. “Saya percaya Bupati Malang sanggup melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” kata Khofifah.

Menurut Khofifah, saat ini perkembangan dan percepatan pembangunan sangat cepat, intensif dan detail. Karena itu, perlu singkronisasi ketua DPRD dan OPD serta Kepala Daerah.

Khofifah juga mengingatkan kepada Sanusi, meskipun angka kemiskinan di Kabupaten Malang sudah cukup menurun, di level Jawa Timur, kemiskinan masih tinggi,” katanya.

Khofifah lantas membeber data, kemiskinan di Malang memang sudah turun sekitar 20 ribu pada Maret 2019. Dari angka 288 ribu menjadi 268 ribu meski secara kuantitatif (masih) tertinggi di Jatim.

Selain itu Khofifah minta Pemkab Malang segera menyingkronkan program Kabupaten Malang dengan RPJMD Provinsi dan RPJMN.

Sanusi yang baru dilantik langsung memberi respon dengan mengatakan siap melaksanakan arahan Gubernur Jatim. Terutama kawasan selatan Kabupaten Malang yang dinilai gubernur masih berada pada garis kemiskinan.

Lantas Sanusi, mengaku Pemkab Malang telah meningkatkan kawasan Malang Selatan khususnya sektor pertanian.

“Kawasan selatan sudah banyak pertanian dan peternakan. Setiap hektar lahan pertanian padi bisa menghasilkan15 ton dua kali panen sehingga menjadi 30 ton,” kata mantan anggota DPRD Kab Malang ini.(*)

Pewarta : Noordin Djihad