Rektor Cup UMM Gali Segala Potensi Mahasiswa

Rektor Cup UMM Gali Segala Potensi Mahasiswa

Pemain Jurnalis Malang Raya (JMR) beradu skill dengan dosen dan karyawan UMM pada pertandingan ceremonial. (foto: istimewa-aremamedia.com)

MALANG – Kompetisi tahunan Rektor Cup Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) resmi dibuka oleh Rektor Dr. Fauzan, M.Pd Sabtu (20/4) pagi.

Gelaran kompetisi di bidang penalaran, olahraga dan kreativitas bagi mahasiswa UMM ini diikuti 24 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berlomba di 64 cabang lomba. Beragam perlombaan tersebut sudah dimulai sejak awal April lalu, dan akan berakhir pada 4 Mei mendatang.

Sepuluh fakultas berkompetisi merebut piala bergilir bergengsi sebagai juara umum tahun ini. Pada pelaksanaan tahun lalu, piala ini mampir di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Secara resmi, Dekan Fisip UMM, Dr. Rinikso Kartono, M.Si, menyerahkan kembali piala bergilir ke Rektor UMM untuk diperebutkan kembali.

Menurut Fauzan, banyak pelajaran yang dapat diambil dalam kompetisi tahunan ini. “Rektor Cup sudah digelar sejak tahun 90-an. Ini bukanlah waktu yang sebentar,” kata Fauzan.

Pria asal Kediri ini menambahkan, ada manfaat yang sering luput dari penyelenggaranya. “Para juara yang dimiliki UMM saat ini juga terlahir dari pembelajaran yang diberikan saat Rektor Cup,” tegasnya.

Menang ataupun kalah, sambungnya, tidak penting. “Menjadi seorang yang berjiwa besar harus mulai dipupuk sejak mahasiswa. Melalui Rektor Cup, semuanya akan dilatih untuk siap berkompetisi,” tambahnya.

Fauzan pun berharap, Rektor Cup dapat menjadi masa awal untuk melatih benih-benih juara UMM. “Semoga terlahir mahasiswa-mahasiswa yang dapat berprestasi di tingkat regional hingga nasional,” harapnya.(*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad