Ratusan Sertifikat PTSL Tahap Pertama Dibagikan di Desa Junrejo

Ratusan Sertifikat PTSL Tahap Pertama Dibagikan di Desa Junrejo

Pembagian sertifikat tanah program PTSL oleh BPN kepada masyarakat RW 08 Desa Junrejo. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

BATU – Persertifikatan Tanah Sistematis Langsung (PTSL) yang berlangsung di Desa Junrejo Kota Batu, telah menyelesaikan seluruh rangkaian proses pengajuan sertifikasi tanah murah melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas) masing-masing RW di setiap desa. Diketahui sebanyak 2.437 bidang tanah disertifikatkan melalui program PTSL kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu.

Bahkan Desa Junrejo dianggap sebagai desa yang paling cepat proses pendataan materi dan proses admistrasinya. Hal tersebut diungkapkan oleh Suyoto Wakil Ketua PTSL Desa Junrejo, jika mudahnya proses pengukuran dan pengajuan di Desa Junrejo disebabkan banyak hal.

“Bisa dibilang, Junrejo ini desa yang paling cepat prosesnya. Mulai dari pihak pemerintahan desa, pokmas hingga masyarakat pemohon, bisa diajak bekerja sama dengan baik,” jelas dia.

Sebagai bentuk kelancaran proses PTSL seperti yang disampaikan, siang ini Selasa (7/5) bertempat di Aula Kantor Pelayanan Desa Junrejo, sejumlah 100 sertifikat diserahkan kepada masyarakat dalam tahap awal.

“Untuk tahap pertama ini kita serahkan dulu 100 sertifikat untuk warga RW 08 karena memang proses masuk yang lebih dulu dari sana, sehingga cepat proses dan selesai terlebih dulu,” tambahnya.

Mendatang, sisa sertifikat yang telah disetujui oleh BPN akan diserahkan berdasarkan RW. Sebab itu, jumlah sertifikat yang dibagikanpun juga tidak sama, tergantung banyak tidaknya pemohon dimasing-masing RW.

“Hampir semua RW sudah masuk berkasnya, tinggal menunggu giliran saja. Desa Junrejo ini ada sepuluh RW, jadi kemungkinan nanti bisa sepuluh tahap,” tutupnya. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad