PT BSI Gelontorkan Puluhan Miliar per Tahun untuk CSR

PT BSI Gelontorkan Puluhan Miliar per Tahun untuk CSR

Pembagian beasiswa untuk warga sebagai salah satu bentuk CSR PT Bumi Suksesindo. (Foto: istimewa-aremamedia.com)

MALANG – Sebagai pemegang konsesi penambangan mineral, PT Bumi Suksesindo (BSI) mengeluarkan Corporat Social Responsibility (CSR) puluhan miliar per tahun. Penambangan ini berlokasi di Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

“Untuk angka pastinya sengaja tidak sampaikan karena ada keterlibatan pemerintah daerah maupun warga,” kata General Manager External Affair Merdeka Copper Gold, Katamsi Ginano menjawab pertanyaan aremamedia.com. Merdeka Copper Gold adalah induk perusahaan BSI.

Pernyataan Katamsi ini disampaikan saat media gathering, Jumat (22/2/2019). Kehadiran Katamsi ini didampingi jajaran manajemen, antara lain Presiden Direktur PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri, dan beberapa manajer lain.

Senior Manajer External Affair, Sudarmono, menambahkan, terdapat empat jenis CSR yang dilakukan PT BSI. “Antara lain pendidikan, infrastruktur, pengembangan ekonomi, dan kesehatan,” ujarnya.

Di antara keempat CSR, infrastruktur menempati urutan tertinggi. “Kemudian disusul pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi,” kata arek Lamongan yang lama di Malang ini.

Menurutnya, infrastruktur memang membutuhkan biaya banyak karena menyangkut material jalan. “Kami menggunakan teknologi Jerman sehingga jalan aspal dan mudah bergerak tidak cepat rusak,” terangnya.

Jajaran pimpinan PT SBI saat Media Gathering, Jumat(22/2/2019). (Foto: Noordin Djihad-aremamedia.com)

Sementara Presdir PT SBI, Adi Sjoekri tak dapat menyembunyikan rasa bangga. Pasalnya, di bidang kesehatan dan keselamatan kerja (K3), PT SBI mencapai rekor 12,5 juta jam tanpa cedera dialami karyawannya.

“Kami memang mengutamakan keselamatan kerja karyawan karena mereka kami anggap sebagai aset perusahaan,” terangnya.

Jumlah keseluruhan, kata Adi, terdapat 2.467 karyawan yang 99 persen di antaranya WNI. “Dari 99 persen itu, 60 persen warga Banyuwangi termasuk 38 persen berasal dari Kecamatan Pesanggaran,” tutupnya.(*)

Pewarta : Noordin Djihad
Editor : Noordin Djihad