Prodi Agroekoteknologi UB Favorit SBMPTN

Prodi Agroekoteknologi  UB Favorit SBMPTN

Dari kiri ke kanan: Nunun Barunawati, Sudarto, dan Dwi Swandhana Rahmadi Putra. (Foto: Istimewa-aremamedia.com)

MALANG – Program studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) masih menjadi favorit peserta SNMPTN maupun SBMPTN.

Selama empat tahun berturut-turut prodi Agroekoteknologi menempati posisi pertama yang paling diminati untuk bidang saintek.

Kaprodi Agroekoteknologi, Dr.agr. Nunun Barunawati, SP.MP mengatakan, meningkatnya animo masyarakat terhadap Prodi Agroekoteknologi dipengaruhi dengan adanya pergeseran mindset ilmu pertanian dulu dan sekarang.

“Kalau dulu ilmu pertanian lebih berkesan dengan berlumpur atau blethok. Kurikulumnya pun sejak 2008 sudah diperbaiki menjadi lebih inovatif eengan menggunakan IPTEK, global dan lebih update menyesuaikan tantangan milenial baik secara lokal, regional, maupun internasional,” katanya.

Hal ini untuk menjawab tantangan permasalahan sektor pertanian menghadapi Era Global dan Era industri 4.0 dimana PS Agroekoteknologi harus lebih menyiapkan lulusan yang handal dan berdaya saing.

Sementara Ketua GJM Dr. Ir. Sudarto, MS dan tim tetap mengawal implementasi kurikulum yang berkembang untuk menjaga mutu lulusan.

Staf Akademik FP UB Dwi Swandhana Rahmadi Putra, A.Md. mengakui lama tunggu lukusan mendapatkan pekerjaan sebelum lulus sebanyak 39 persen.

Sedangkan 20 persen lulusan Prodi Agroekoteknologi yang bekerja sebagai PNS (dosen, peneliti di Instansi pemerintah) 20 persen di perusahaan swasta dan 40 persen sebagai pengusaha di sektor pertanian. Adapun 10 persen sisanya melanjutkan studi jenjang S2 dan belum bekerja. (Sapteng/ Humas UB)