Polres Batu Sweeping Cipta Kondisi Jelang 22 Mei

Polres Batu Sweeping Cipta Kondisi Jelang 22 Mei

Kendaraan roda dua yang melintas di Jalan Trunojoyo Kota Batu diperiksa oleh pasukan gabungan Polres Batu dan Satpol PP Kota Batu. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

MALANG – Polres Batu menggelar sweeping cipta kondisi dan patroli pada Sabtu (18/5/2019) pukul 23.30 hingga Ahad (19/5/2019) dini hari. Giat aparat ini sebagai langkah preventif guna pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang pengumuman hasil Pemilu 22 Mei,

Sejumlah 51 personel dari semua satuan fungsi kepolisian dan satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kota Batu, menyasar pengguna jalan.

“Ya sebagai wujud memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, juga mempertahankan kondusifitas Kota Batu,” kata
Kabag OPS Polresta Batu Kompol Endro Sujiat, SH.,MM,MH, Ahad (19/5/2019).

Adapun yang terlibat giat sweeping, Endro menyebut mulai dari anggota Reskrim, Sabhara, Lantas, intel, Polsek hingga Satpol PP Kota Batu.

Kendaraan roda empat tak luput dari razia untuk memberi rasa aman dan nyaman masyarakat. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

“Giat gabungan ini mengantisipasi tindak kejahatan seperti curat, curas dan curanmor, demikian juga peredaran narkoba, handak dan sajam,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam razia berdurasi 60 menit tersebut menitikberatkan pada penindakan kepemilikan barang bawaan terlarang yang memicu munculnya keseresahan. Diawali dengan pemeriksaan dokumen dan kelengkapan berkendara seperti surat-surat serta barang-barang yang ada dalam kendaraan.

“Selain razia kendaraan, patroli cipta kondisi juga menyasar tempat-tempat keramaian serta lokasi-lokasi yang rawan kejahatan,” tegas Endro.

Komisaris polisi itu bersyukur operasi yang digelar pada Sabtu malam hingga Ahad dini hari itu, tidak ditemukan benda-benda berbahaya, maupun yang mencurigakan.

“Malam ini memang nihil hasil untuk sasaran utama kita. Meski demikian kami (Polres Batu) wajib selalu waspada dan tidak boleh lengah terhadap gangguan Kamtibmas,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad