Pohon Tumbang, Akses Malang-Kediri Sempat Putus

Pohon Tumbang, Akses Malang-Kediri Sempat Putus

TNI Polri bersama unsur masyarakat bersama-sama melakukan evakuasi jalur Malang-Kediri sebab pohon tumbang. (Foto: istimewa)

BATU – Pohon besar tumbang melintang menutup jalan raya di Dusun Kasin, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Sabtu (1/2/2020) sekitar pukul 03.00. Akibatnya jalur utama Malang-Kediri terputus. Kemacetan tak terelakkan sepanjang 1 kilometer dua arah, Sabtu ( 1/2/2020 ) pukul 03.00 WIB. Aparat Polsek Ngantang Polres Batu dan Koramil 0818/04 Ngantang mengatakan pihaknya telah menurunkan langsung tim untuk merespon kejadian.
Kasubag Humas Polres Batu Iptu Ivandi Yudistiro menjelaskan, berdasarkan laporan warga yang menyaksikan awal bencana bernama Ahmad Toha tidak ada korban jiwa. “Begitu ada laporan warga, rekan-rekan dari kepolisian langsung melakukan komunikasi dengan pihak TNI dalam hal ini Koramil 0818/04 Ngantang, BPBD, Tagana dan petugas Perhutani,” terang dia.
Selain menumbangkan pohon, lanjut Ivandi, mengakibatkan macet. “Hujan semalaman mengakibatkan naiknya debet air kali Konto, hingga menyebabkan banjir tapi tidak sampai meluap. Alhamdulillah sebelum jam 07.00 jalan raya yang merupakan akses utama sudah terkondisikan. Berkat bantuan dari beberapa ormas seperti Pemuda Pancasila, relawan Sobat dan masyarakat setempat jalur kembali dibuka,” imbuhnya.
Intensitas hujan tinggi, masih kata Ivandi, masih berpeluang akan terjadi insiden serupa. “Kami berharap kepada Perhutani, agar segera bisa melakukan inventarisasi dan patroli pohon-pohon yang dapat membahayakan pengguna jalan. Terlebih di jalur menuju Kabupaten Kediri, sering terjadi pohon tumbang hingga menyebabkan kemacetan panjang,” tandas dia. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad