Peserta Kejurnas Malang Open IX Lampaui Target, Karate Jadi Ikon Kota Malang

Peserta Kejurnas Malang Open IX Lampaui Target, Karate Jadi Ikon Kota Malang

Ketua Forki Kota Malang, Dr H Nurcholis Sunuyeko MSi. (Foto: istimewa)

MALANG – Obsesi Ketua Forki Kota Malang, Dr H Nurcholis Sunuyeko M.Si, karate jadi ikon Kota Malang, bakal terwujud.

Setidaknya hal ini bisa dilihat dari antusiasme peserta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Malang Open IX Piala Wali Kota Malang. Saat penutupan pendaftaran Kamis (1/11/2018) tercatat 1.200 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Pertandingannya sendiri berlangsung pada Jumat dan Sabtu (2-3/2018) di Gelanggang Olahraga (GOR) Ken Arok.

Nurcholis yang ditemui di sela persiapan panitia, malam ini menyatakan, target peserta sebenarnya 1000 karateka. “Tapi ternyata melampaui target,” katanya.

Dari panitia pendaftaran, sambungnya, peserta tidak hanya dari Malang dan Jawa Timur. Hampir dari seluruh Indonesia ikut mengirim karatekanya.

Mereka terdiri dari luar Jawa seperti NTT, NTB (Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Utara), Denpasar. Bahkan ada peserta dari Kalbar serta terjauh dari Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

“Persiapan insyaallah sudah selesai. Data peserta, matras, dan seluruh perangkat pertandingan termasuk para wasit, sudah lengkap. Besok tinggal pertandingan,” tutur Nurcholis yang juga Rektor IKIP Budi Utomo ini.

Beberapa kelas dan usia yang dipertandingkan antara lain usia 7 – 9 tahun (delapan kelas), Prapemula 10 -11 tahun (11 kelas), Pemula 12-13 tahun (12 kelas). Ada juga untuk Kadet 14-16 tahun (12 kelas), Unior 16-17 tahun (12 kelas), Under 21 tahun (12 kelas), dan Senior 21 tahun (13 kelas). “Semua pertandingan nomor putra dan putri,” katanya lagi.

Even berskala Nasional ini menjadi istimewa karena pembukaannya didahului dengan pengukuhan pengurus Forki Kota Malang 2018-2022. Pengukuhan dilakukan Ketua Forki Jatim, Mayjend TNI (Purn) I Made Sukadana.

Acara ini dihadiri Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dan Waki Wali Kota Malang Ir.H. Sofyan Edi Jarwoko, Ketua KONI Kota Malang dan sejumlah pejabat penting lainnya. (*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad