Pertama di Indonesia UAS FE UM Dilakukan Bersama

Pertama di Indonesia UAS FE UM Dilakukan Bersama

Sebanyak 1.183 mahasiswa FE mengikuti UAS Bersama di Graha Cakrawala , Senin (9/12/2019)

MALANG – Kali pertama di lingkungan perguruan tinggi Indonesia, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM) melakukan Ujian Akhir Semester (UAS) bersama, Senin dan Selasa (9-10/12/2019). Diikuti 1.183 mahasiswa Tahun Ajaran 2019/2020 semester I, UAS Bersama berlangsung di Graha Cakrawala (Gracak).

“Pelaksanaan UAS Bersama ini untuk quality control kegiatan belajar mengajar di FE,” ujar Dekan FE UM, Dr Cipto Wardoyo.

Menurutnya, dengan UAS Bersama ini, akan kelihatan kemampuan dosen yang kurang maksimal dalam memberikan materi. “Karena mata kuliah yang diujikan ini sama namun beda dosen,” terangnya.

Selama ini UAS di kelas masing-masing. “Namun dengan empat mata kuliah yang sama, kami berinisiatif mengadakan UAS bersama,” terangnya.

Wakil Dekan 1, Dr Agus Hermawan, menambahkan standarisasi kualitas tidak hanya dari sisi dosen tetapi juga dari sisi mahasiswa.

Hasil ujiannya nanti akan dijadikan bahan evaluasi untuk standarisasi kompetensi. “Meski dosennya berbeda materi sama, hasilnya tetap terukur,” jelasnya.

Sebagai pilot project akan dilakukan evaluasi dengan mengumpulkan penanggung jawab mata kuliah (PJMK) duduk bersama membuat kurikulum atau konten rencana pembelajaran yang sama sehingga tidak ada lagi dosen yang keluar dari jalurnya.

Diharapkan akan terjaga standar kompetensi lulusan, isi pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

Tidak menutup kemungkinan, UAS Bersama, berlaku juga bagi mahasiswa semester II dan seterusnya, karena UPM FE telah membuat beberapa Standar Operational Procedure (SOP), dari mulai SOP Pembuatan Soal, Pelaksanaan UAS, Kepengawasan, hingga Penilaian dan Kualitas Mutu Soal.(*)

Pewarta : Sapteng MN
Editor : Noordin Djihad