Peringati HPN 2019, PWI Malang Raya Gelar Acara Religi dan Budaya

Peringati HPN 2019, PWI Malang Raya Gelar Acara Religi dan Budaya

Anggota PWI Malang Raya sedang ziarah ke salah satu wartawan senior yang telah mendahului menghadap Ilahi, M Djupri, Sabtu (9/02/ (Foto: Galuh Ayu-aremamedia.com)

MALANG – Kegiatan bernuansa religi dilakukan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya yang memeringati Hari Pers Nasional (HPN), Sabtu (9/2/2019).

Diawali dengan khotmil quran dan santunan anak yatim di Panti Asuhan Alhayatul Islamiyah, Kedungkandang. Kemudian dilanjutkan ziarah ke makam Ki Ageng Gribig serta wartawan senior yang lebih dulu menghadap Ilahi.

Ketua panitia HPN Malang Raya, Cahyono, mengatakan, hal ini merupakan kegiatan rutin tahunan. “Untuk khotmil quran diikuti sekitar 10 jurnalis bersama santriwati dan ustad. Mereka membaca Alquran 30 juz,” ujarnya.

Di sela-sela khotmil quran, beberapa jurnalis ziarah ke makam dua ulama dan wartawan senior. Yang pertama ke makam Ki Ageng Gribig, dilanjutkan kemakam Syaikh Jailani. “Untuk wartawan senior yang sudah mendahului kita, teman-teman ziarah ke makam Wiharjono, Heru Yogi, dan M Jupri,” ungkapnya.

Jika di hari pertama bernuansa religi, Ahad (10/2/2019) besok anggota PWI Malang Raya menggelar acara budaya.

“Besok pagi acara digelar di Kampung Budaya Polowijen, sementara siangnya silaturahim dengan para wartawan senior,” imbuhnya.

Kegiatan bersama wartawan senior tersebut, kata Cahyono, untuk ngangsu kaweruh. “Kami sebagai wartawan lebih muda, ingin mendapat wejangan agar siap dan tetap semangat di era digital seperti sekarang ini,” tuturnya.

Namun yang lebih penting lagi, sambungnya, pengalaman wartawan senior bisa menjadi motivasi bagi wartawan muda agar lebih kompeten dan kredibel dalam mencari berita.

Selain itu, di momen HPN 2019 ini, Cahyono berharap wartawan lebih profesional dan selalu mengedepankan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam menggali berita di lapangan.(*)

Pewarta : Galuh Ayu KW
Editor : Noordin Djihad