Perempuan Berjilbab Curi Uang Ratusan Juta Rupiah di Ponpes Al Ishlahiyah Singosari

Perempuan Berjilbab Curi Uang Ratusan Juta Rupiah di Ponpes Al Ishlahiyah Singosari

Gambar perempuan dari CCTV yang mencuri uang Ponpes Al Ishlahiyah, Singosari. (Istimewa)

MALANG – Seorang perempuan berjilbab terlihat di layar Closed Circuit Television (CCTV) mencuri uang di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ishlahiyah, Singosari, Rabu (13/2/2019). Jumlah uang yang dicuri cukup lumayan besar, Rp135 juta.

Tak pelak rekaman CCTV ini viral di media sosial dan menjadikan pencuri sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Cucu pendiri Ponpes Al Ishlahiyah, Ahsani F. Rahman saat dihubungi membenarkan aksi pencurian tersebut.

“Ya benar. Kami sudah melaporkan ke pihak pihak yang berwajib (Polisi, red),” ungkap pria yang akrab disapa Gus Sani ini.

Gus Sani menjelaskan, kejadian itu terjadi di kantor pondok putri yang tidak terkunci karena ada beberapa orang yang berada di situ.

“Pelaku bukan santri sini. Jika dilihat di rekaman CCTV, pelaku sempat mengawasi kondisi sekitar dan masuk dengan mengendap-endap. Pelaku berhasil membawa kabur uang sebesar Rp 135 juta,” ulasnya.

Secara terpisah, Kapolsek Singosari, Kompol Untung Bagyo Riyanto mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan kejadian pencurian sejumlah uang tersebut, Rabu (13/2/2019) sore kemarin.

“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan kasus ini,” tegasnya.

Meski begitu Untung belum berani menarik kesimpulan tentang pelaku tersebut. Namun, berdasarkan olah TKP, pelaku ada dua orang. Satu laki-laki yang berperan membonceng pelaku dan menunggu di depan ponpes tersebut, sedangkan pelaku perempuan itu sebagai eksekutor.

“Tim kami masih melakukan pendalaman. Dugaan pelakunya ada, tapi belum bisa dipastikan dulu. Rekaman CCTV ini kami jadikan acuan untuk mengungkap identitas pelaku,” terangnya.

Dalam rekaman CCTV berdurasi sekitar 15 menit ini yang viral di media sosial, terlihat seorang perempuan berhijab membawa tas ransel mengendap-endap masuk di salah satu ruangan Ponpes.

Sebelum masuk, perempuan itu sempat mengawasi kondisi sekitar. Setelah dirasa aman, langsung masuk ruangan dan mencari-cari sesuatu dengan membuka satu persatu almari.

Setelah beberapa menit, perempuan tersebut akhirnya menemukan apa yang dicarinya. Diambilnya sejumlah uang dan langsung dimasukkan ransel, lantas pergi.(*)

Pewarta : Galuh Ayu KW
Editor : Noordin Djihad