Pengemudi Kendaraan Angkutan Lebaran di Terminal Arjosari Diperiksa Polres dan BNN Kota Malang

Pengemudi Kendaraan Angkutan Lebaran di Terminal Arjosari Diperiksa Polres dan BNN Kota Malang

Petugas dari Polres Malang Kota dan tim Urkes Polres Malang Kota memeriksa urine salah satu pengemudi angkutan lebaran. (Foto: Doi Nuri)

MALANG – Pengemudi angkutan umum giliran mendapat pemeriksaan dari aparat. Satresnarkoba melakukan sidak kepada ratusan pengemudi di Terminal Arjosari pada Rabu, (29/5/2019) pagi.

Bekerja sama dengan Satlantas Polres Malang Kota, Dinas Kesehatan Kota Malang, Dinas Perhubungan Kota Malang, BNN Kota Malang, Persada Hospital Malang
dan Urkes Polres Malang Kota sekitar 100 pengemudi angkutan umum lebaran diperiksa kesehatannya berikut mendidentifikasi pengkonsumsi narkoba.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri, SIK, MH mengatakan, operasi gabungan ini untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat. Jelang hari raya Idulfitri dipastikan dengan meningkatnya animo masyarakat menggunakan transportasi umum untuk mudik ke kampung halaman.

“Budaya mudik di Indonesia itu sebuah kepastian saat lebaran tiba, penggunaan transportasi umum biasanya meningkat. Untuk mengurangi angka kecelakaan, maka tidak hanya razia kelayakan kendaraan namun kesehatan pengemudinya juga,” jelas Asfuri.

“Pada operasi ini, beberapa pemeriksaan seperti tes kesehatan, tes gula darah, tes alkohol dan tes urine narkoba dilakukan untuk menjamin pkesiapan para pengemudi ini,” imbuh Asfuri.

Meski dilakukan secara mendadak, sikap proaktif ditunjukkan oleh para pengemudi angkutan umum lebaran. Bahkan, dari semua yang menjalani pemeriksaan tidak ada satupun yang divonis positif narkoba.

“Alhamdulillah hasil sidak kita hari ini nihil hasil untuk narkoba. Ternyata para pengemudi juga diuntungkan dengan pemeriksaan ini, tadi ada yang mengaku tidak pernah periksa kesehatan, baru tahu gula darahnya saat petugas memeriksanya hari ini,” pungkas Asfuri. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad