Penerima Beasiswa IBU Sisihkan Dana Ikut Peduli Covid-19

Penerima Beasiswa IBU Sisihkan Dana Ikut Peduli Covid-19

Mahasiswa IBU penerima beasiswa menyerahkan sebagian dananya kepada Satgas Peduli Covid-19 disaksikan Rektor IBU, Nurcholis Sunuyeko. (Foto: Noordin Djihad-aremamedia.com)

MALANG – Mungkin hanya di IKIP Budi Utomo, mahasiswa penerima beasiswa menyisihkan sebagian dananya untuk temannya sesama mahasiswa yang terdampak Covid-19.

Meski jumlahnya Rp9,4 juta, sikap kepedulian itu yang mendapat apresiasi Rektor IKIP Budi Utomo, Dr H Nurcholis Sunuyeko M.Si. “Ini menunjukkan nilai-nilai kebudiutamaan yang diajarkan para dosen sudah pada tahap aplikasi, tidak sekadar teori,” sambut Nurcholis.

Pernyataan itu disampaikan Nurcholis saat penyerahan sebagian dana beasiswa dari perwakilan ke Ketua Satgas Covid-19 IBU, Drs Riyanto, MPd, Rabu (20/5/2020) di Kampus C IBU.

Secara simbolis, Yanwar Setiyo Putra, Program Studi PJKR, angkatan 2017 yang mewakili mahasiswa penerima beasiswa menyerahkan uang senilai Rp9,4 juta kepada Riyanto.

Tercatat 630 mahasiswa turut andil dalam kegiatan peduli Covid ini. Mereka terdiri atas 396 mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan 234 penerima beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik).

Nurcholis juga mengaku bangga dengan sikap mulia ratusan mahasiswanya ini.

‚ÄĚKepedulian kita terhadap anak-anak kita selama ini menjadi percontohan moral yang baik bagi mereka. Kami betul-betul bangga dengan mereka yang peduli terhadap sesama mahasiswa,” tegasnya.

Hari ini, lanjutnya, mereka (penerima beasiswa) turut ambil bagian dalam kegiatan penanganan Covid-19. “Mereka tidak mau kalah dengan para alumni untuk bersikap mulai berdasar nilai-nilai kebudiutamaan,” katanya lagi.

Nurcholis mengibaratkan yang dilakukan penerima beasiswa ini sebagai ‘Dari Mahasiswa untuk Mahasiwa’. “Mereka menyisihkan sebagian dari yang mereka peroleh dari beasiswa untuk disumbangkan pada Satgas Covid-19 IBU. Nah, Satgas Covid-19 IBU kemudian menyalurkan kembali kepada mahasiswa yang membutuhkan,” urainya.

Sementara itu Yanwar mengatakan, ratusan temannya penerima beasiswa merasa terpanggil ikut ambil bagian dari kegiatan sosial ini. “Apa yang kami peroleh melalui beasiswa dari institusi selama ini kami sisihkan sebagian untuk kami donasikan kepada saudara kami juga di IBU yang membutuhkan melalui Satgas Covid-19 IBU,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Yanwar, dia dan teman-temannya diajari oleh institusi dengan nilai-nilai kebudiutamaan. “Selama ini institusi telah berbuat banyak untuk kami mahasiswa. Sekarang kami juga akan berusaha berkontribusi banyak terhadap insitusi kami,” ujar Yanwar.(*)

Pewarta : Noordin Djihad