Pemkot Batu Bakal Terapkan Tanda Tangan Digital

Pemkot Batu Bakal Terapkan Tanda Tangan Digital

Ilustrasi tanda tangan digital (istimewa)

BATU – Pemerintah Kota Batu segera menerapkan sistem tanda tangan digital untuk keamanan informasi serta data yang dimiliki.

        Terkait dengan hal tersebut Pemkot memberikan sosialisasi penerapan tanda tangan digital dan keamanan informasi ini kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilaksanakan di Balai Kota Among Tani.

       Sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan kesadaran mengenai keamanan informasi serta pemahaman penggunaan tanda tangan digital.

      “Perkembangan teknologi saat ini meningkat pesat hingga tak bisa dibendung. Namun, jika digunakan dengan tepat, teknologi bisa mempermudah pekerjaan. Diharapkan penerapan tanda tangan digital bisa segera di implementasikan dan bermanfaat dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,”ujar Plt Sekda, Alwi M.

        Tanda tangan digital sebenarnya bukanlah tanda tangan basah yang di-scan, kemudian menjadi tanda tangan digital. Tanda tangan digital merupakan sebuah file unik dengan pengamanan Personal Identification Number (PIN) yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang atau pihak tertentu secara online yang dikeluarkan oleh Certification Authority (CA).

        Selain itu, tanda tangan digital mengandung data-data yang hanya diketahui oleh pemilik saja.

        Sosialisasi ini mendatangkan narasumber adalah Eko Yon Handri dari Balai Sertifikat Elektronik (BSrE), dan Mohamad Nur Afif dari Badan Siber Dan Sandi Negara (BSSN).

       Lewat sosialisasi ini  diharapkan dapat meningkatkan keamanan naskah dinas. Selanjutnya tanda tangan digital bisa mendapatkan sertifikasi dari BSrE
Setelah sosialisasi dan melakukan dialog dengan narasumber yang berkompeten, maka tahun ini Pemkot sudah bisa menerapkan e-surat yang diklaim bisa menghemat 70 persen penggunaan alat tulis kantor. (*)

 

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman

Editor : Shuvia Rahma