Pekan QRIS BI Hadirkan Sodiq New Monata dan Hadiah Motor

Pekan QRIS BI Hadirkan Sodiq New Monata dan Hadiah Motor

Kepala KPw BI Malang, Azka Subhan didampingi Rini Mustikaningsih, Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Layanan Administras (kiri), dan Fida Affa Arif, Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran dan Keuangan Inklusif (kanan). (Foto: Noordin-aremamedia.com)

MALANG – Sebagai kota kedua terbesar setelah Surabaya, masyarakat Kota Malang menunjukkan kehidupan yang modern. Tak terkecuali dalam transaksi ekonomi, sistem pembayaran nontunai meningkat.

Di wilayah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Kota Malang tercatat 83 persen merchant di antara tujuh daerah lain penggunaan QRIS. Tujuh daerah masuk wilayah kerja KPw BI Malang antara lain Kota Malang, Kab Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kab Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kab Probolinggo.

“Di Wilker KPw BI Malang terdapat 56 ribu merchant yang menggunakan QRIS (47 ribu di antaranya berada di Kota Malang & sekitarnya atau sekitar 83 persen),” kata Kepala KPw BI Malang, Azka Subhan Aminurridho, Senin (9/3/2020).

Kata Azka, merchant yang menggunakan QRIS bukan hanya pedagang besar. “Banyak juga pedagang kecil di pasar tradisional yang memakai QRIS. Selain itu di mall, universitas, sekolah, sedekah dan infak di tempat ibadah, lembaga sosial dan keagamaan, tempat pariwisata, bayar parkir, retribusi pemda, dan lainnya,” ungkapnya.

Keseluruhan di Indonesia, lanjutnya, sampai saat ini terdapat 2,7 juta merchant menggunakan QRIS. Angka ini didapat dari data lembaga services PT. PTEN (Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN) per 28 Februari 2020.

Lebih lanjut Azka mengatakan pembayaran melalui QRIS sangat mudah dan bisa dilakukan siapapun. “Yang penting memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data serta akun pembayaran elektronik, dapat melakukan pembayaran melalui QRIS,” terangnya.

Penjasan Azka tersebut terkait erat dengan Pekan QRIS yang berlangsung 9-15 Maret di seluruh Indonesia. “Untuk Malang puncak acara pada 14 Maret di Lapangan Rampal mulai pukul 06.00 dengan berbagai acara termasuk bintang utama Sodiq bersama OM New Monica,” katanya.

Sementara kemeriahan lain dalam acara yang bertajuk “Ayo Nganggo QRIS, Ben Mbois Ker!” itu mulai bazaar atau pasar rakyat, senam bersama, lomba Zumba Jingle QRIS serta kuis QRIS dengan hadiah sepeda motor.(*)

Pewarta : Noordin Djihad