PDAM Kabupaten Malang Optimistis Penuhi Target 6.000 SR Baru

PDAM Kabupaten Malang Optimistis Penuhi Target 6.000 SR Baru

Pegawai PDAM Kab Malang melakukan pemasangan pipa untuk SR baru, di Kecamatan Kepanjen, Kab Malang, Selasa (12/2/2019). (Foto: istimewa- SM Nunggal-aremamedia.com)

MALANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang pada 2019 ini, menargetkan 6.000 pemasangan Sambungan Rumah (SR) baru. Ribuan SR ini diperoleh dari Program Hibah Air Minum Perkotaan dan Perdesaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi, membenarkan rencana target SR tersebut. “Betul target kami 6.000 SR baru yang diperoleh dari Program Hibah Air Minum Perkotaan dan Perdesaan Kemen PUPR,” terangnya.

Program hibah tersebut, lanjutnya, sebagai lanjutan Kemen PUPR dalam memberikan SR baru kepada masyarakat Kabupaten Malang.

Syamsul pun dengan terbuka menyebut total anggaran yang dikeluarkan Kemen PUPR sebesar Rp850 miliar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2019.

“Hanya saja anggaran sebesar itu, tidak untuk Kabupaten Malang saja, tapi dibagi kepada kota/kabupaten yang tersebar di Indonesia,” sambungnya.

Lanjut Syamsul, dari anggaran sebesar itu, dibagi untuk di perkotaan Rp700 miliar dengan target 230.000 SR, sedangkan untuk di perdesaan sebesar Rp 150 miliar dengan target 75.000 SR.

Sedangkan untuk PDAM sendiri dalam program tersebut akan mendapatkan dana hibah Rp 15 miliar. Karena itu pihaknya optimis memenuhi target 6000 SR baru dengan dana hibah sebesar itu.

Target pemasangan SR baru itu, nantinya dipasang SR baru di 19 Kantor Unit PDAM dari 26 Kantor Unit yang tersebar di 33 kecamatan. “Kami sangat optimis target itu terpenuhi sampai batas waktu yang telah ditentukan pemerintah pusat pada 15 Februari 2019 ini. Saat ini saja pemasangan sambungan ke pelanggan mencapai 5.200 SR baru,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga terus berupaya memenuhi kapasitas ketersedian air bersih, seperti membuat sumur bor dan menemukan sumber mata air baru. “Alhamdulillah, saat ini kami telah membuat 17 sumur bor, dan memiliki 44 sumber mata air baru,” ucapnya bersyukur.

Yang juga membuat Syamsul berbangga, semua sumur bor dan sumber mata air yang dimiliki PDAM, memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh pelanggan di wilayah Kabupaten Malang.(*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad