Pasien Positif Covid-19 ke-8 Adalah Tukang Ojek di Pasar Besar Batu

Pasien Positif Covid-19 ke-8 Adalah Tukang Ojek di Pasar Besar Batu

Caption:
Selang satu hari pasca sidak dari Pemkot Batu dan DPRD Batu, satu tukang ojek di kawasan Pasar Besar Batu dinyatakan positif Covid. (Foto: Doi Nuri – aremamedia)

BATU – Laki-laki berusia 53 tahun, dikabarkan oleh juru bicara (jubir) Satuan Tugas Covid-19 kota Batu , Muhammad Chori, Kamis (21/5/2020)
terkonfirmasi positif Corona setelah ia sebelumnya mengalami gejala sakit batuk disertai gejala sesak nafas. Warga Kelurahan Sisir Kecamatan Batu yang ia maksud adalah seorang tukang ojek yang mangkal di Pasar Besar Batu.

Disampaikan Chori, pada 10 Mei 2020 lalu pasien yang dimaksud mengeluhkan batuk dan pilek. Lantas, pada tanggal 11 Mei 2020 yang bersangkutan dibawa ke RS Karsa Husada dengan keluhan batuk dan gejala sesak nafas disertai kaki bengkak membiru (CHF/gagal jantung). “Tindakan lanjutan, pada tanggal 13 Mei 2020 pasien dirujuk ke RS Lavalette, di sana pasien dilakukan pemeriksaan rapid test dan hasilnya lg G non reaktif atau mendeteksi paparan patogen virus yg terjadi pada masa lampau dan lagi M reaktif atau mendeteksi paparan virus patogen yang terjadi baru-baru ini,” ungkap Chori.

Selanjutnya, lanjut dia, dilakukan pemeriksaan PCR (swab test) dan sampel dikirim ke RS Universitas Brawijaya Malang. “Pada tanggal 17 Mei 2020 pasien dirujuk ke RSSA dengan diagnosa pneumonia. Lalu, hasil PCR keluar kemarin dan dinyatakan Positif Covid-19,” papar dia.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 di Kota Batu kini terus mengalami kenaikan, dari total delapan orang yang terkonfirmasi Positif Covid-19, kini lima orang sedang menjalani perawatan, sementara dua pasien dinyatakan sembuh dan satu meninggal dunia.

“Pasien ini, merupakan pasien konfirm ke-8 jenis kelamin laki-laki, usia 53 tahun. Selanjutnya proses tracing sedang berjalan terutama yang memiliki kontak dengan pasien,” tandas dia. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad