Pasien Positif Corona Kembali Bertambah, PSBL Giripurno Diperpanjang

Pasien Positif Corona Kembali Bertambah, PSBL Giripurno Diperpanjang

Humas Pemkot Batu secara resmi mengeluarkan rilis terbaru terkait perkembangan covid-19 di Kota Batu. (ilustrasi)

BATU – Transmisi lokal virus corona di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu, memasuki babak baru. Setelah Senin (1/6/2020) yang lalu terdata ada 13 warga Giripurno positif covid-19, dua hari berselang menyusul 5 warga terpapar virus corona pada hari Rabu (3/6/2020). Tidak hanya Giripurno, dua masyarakat terpapar corona dilaporkan terjadi di Junrejo dan Beji, sehingga total positif corona di Kota Batu hingga berita ini diunggah mencapai 35 orang.

Ketika aremamedia.com melakukan konfirmasi, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Batu M Chori membenarkan terkait adanya tambahan kasus terkonfirmasi positif per Rabu (3/6/2020). Langkah cepat guna pemutusan mata rantai covid-19 segera dilakukan.

“Kami sudah melakukan karantina lokal dibantu oleh pemerintah Desa Giripurno, berlokasi di Hotel Mutiara Baru sebanyak 13 orang. Pembatasan sosial berskala lokal (PSBL) untuk Desa Giripurno masih kita lakukan hingga waktu yang belum ditentukan,” jelas Chori.

Sebelumnya, lajut dia, karantina lokal di Desa Giripurno selesai pada 5 Juni besok. “Tadi sudah dilakukan evaluasi karantina lokal yang selama ini ditangani oleh Pemerintah Desa Giripurno, nantinya akan dibentuk PSBL Giripurno,” imbuh Chori, melalui keterangan tertulisnya kepada aremamedia.com.

Pelaksanaan teknis PSBL, masih kata dia, akan dipimpin langsung oleh Camat Bumiaji dengan dibantu oleh Gugus Tugas Bidang Keamanan, Bidang Disinfektan, Bidang Jaring Pengaman Sosial dan Ekonomi serta Bidang Kesehatan. “Penerapan PSBL itu sama dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan dalam lingkup kota dan kabupaten. Hanya saja, PSBL itu diterapkan dalam lingkup desa,” kata dia.

Lebih lanjut, aparat TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas serta SKPD terkait juga diperbantukan untuk segera mengakhiri transmisi lokal covid-19 di Desa Giripurno pada khususnya dan Kota Batu pada umumnya. “Sementara fokus kami Giripurno mengingat peningkatan pasien confirm yang signifikan dan yang meninggal dua orang serta sudah terjadi transmisi lokal. Tapi selain Giripurno juga akan selalu dilakukan pemantauan dan pengawasan khususnya perkembangan epidemiologinya,” tandasnya.(*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad