Panitia Pilkades Junrejo Pertanyakan Penurunan Anggaran Dari Pemkot Batu

Panitia Pilkades Junrejo Pertanyakan Penurunan Anggaran Dari Pemkot Batu

Simon Purwo Ali ketua panitia pelaksana pemilihan kepala desa Junrejo 2019. (Foto: istimewa-aremamedia.com)

BATU – Sebelas desa di Kota Batu, bakal melakukan pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2019 pada 2 Oktober 2019 mendatang. Anggaran pelaksanaan pilkades tahun ini mencapai Rp 5 miliar, yang akan terbagi rata-rata Rp 85 juta per desa. Hanya saja, kenyataan yang diterima oleh Desa Junrejo hanya Rp 79 juta.

Simon Purwo Ali selaku ketua panitia penyelenggara Pilkades Junrejo, mengaku belum mendapatkan penjelasan terkait menurunnya dana yang ia terima untuk melaksanakan pesta demokrasi tersebut. Sebab itu, dirinya sempat menanyakan kepada Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, beberapa waktu lalu terkait masalah ini. Sayangnya, Punjul mengaku belum mengetahui alasan pasti terpangkasnya anggaran tersebut.

“Setahu saya dana untuk Junrejo itu Rp 85.000.000, namun kami hanya menerima Rp 79.723.000 yang sampai pada kami 2 September kemarin. Saya sempat tanyakan ke Pak Wawali saat ketemu di ruang Fraksi PDI-P pertengahan Agustus lalu, namun jawabnya belum tahu dan akan ditanyakan ke Kabag Pemerintahan,” jelas mantan anggota DPRD Kota Batu dari Fraksi PDI-P itu.

Sementara itu ketika ditemui seusai menghadiri acara di Imanuel Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan jika kemungkinan perubahan anggaran tersebut, disebabkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) massing-masing desa. Kendati demikian Punjul akan tetap melakukan konfirmasi kepada Kabag Pemerintahan Kota Batu Dyah Liestina.

“Jika ada pengurangan nominal dari angka maksimal, kemungkinan bisa jadi karena jumlah DPT. Anggaran minimal itu 71.000.000 yang diterimakan. Jadi jika penerimaannya masih diatas angka minimal saya kira tidak ada permasalahan, tinggal dipastikan saja berapa jumlah DPT nya. Tetap nanti saya konfirmasikan,” tegas Punjul Santoso.

Diketahui, jumlah DPT di Desa Junrejo baru bisa dipastikan pada Kamis (12/9/2019) bertempat di kantor kecamatan Junrejo. Sekaligus akan menetapkan bakal calon menjadi calon Kades, juga mengundi nomor urut calon. Sementara itu, berdasarkan informasi dari Simon, suasana masyarakat Junrejo tetap kondusif, pun panitia penyelenggara Pilkades 2019 juga belum menemukan kendala yang berarti.

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad