Musim Liburan Tiba, 90 Ton Sampah Ancam KWB

Musim Liburan Tiba, 90 Ton Sampah Ancam KWB

Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung Kota Batu sebelum liburan, saat lebaran diprediksi volume sampah disini akan meningkat. (Foto: Doi Nuri)

BATU – Sebanyak 250 petugas kebersihan di Kota Batu disiagakan oleh pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Mereka ditempatkan di beberapa titik untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah sampah selama musim lebaran 2019.

Prediksi meningkatnya sampah di Kota Batu, disebabkan datangnya musim liburan yang cukup panjang selama lebaran. Wisatawan yang datang ke Kota Batu tidak hanya berkunjung lalu kembali, namun banyak juga yang memenuhi hotel, villa dan home stay di Kota Batu. Karenanya, daya konsumsi yang semakin banyak ditengarai menjadi indikasi menumpuknya sampah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Siddiq memastikan tenaga kebersihan berjaga dan tetap beroperasi seperti biasanya. Bahkan pihaknya mengerahkan dua kali lipat dari hari biasanya.

“Setiap musim liburan tiba, pasti kami bekerja lebih ekstra karena Kota Batu ini sebagai destinasi wisata. Musim libur lebaran apalagi, tidak hanya wisatawan tapi juga pemudik yang akan memenuhi Kota Batu,” ungkapnya.

Sampah selama lebaran diprediksi mencapai sekitar 90 ton per hari. “Jumlah itu meningkat hampir 30 persen dari hari biasa dengan rata-rata 60-70 ton. Itu prediksi saya,” imbuhnya.

Sementara itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kota Batu baik yang akan mudik maupun yang tidak, untuk dapat meminimalisir penggunaan kantong plastik kemasan sekali pakai. Menurutnya, upaya DLH akan sia-sia jika tidak didukung masyarakat.

“Selain jumlah armada, kita akan mengoperasikan mobil sweeper atau pembersih sampah usai salat Idul Fitri dan akan kita lakukan tiga kali pengangkutan sampah,” tuturnya.

Titik keramaian seperti Alun-Alun Kota Batu hingga Pasar Besar Kota Batu, juga telah disiapkan tim reaksi cepat untuk mengantisipasi penumpukan sampah. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad