Meski Urus SKCK Meningkat, Pokres Malang Kota Tidak Tambah Jam Pelayanan

Meski Urus SKCK Meningkat, Pokres Malang Kota Tidak Tambah Jam Pelayanan

Suasana pengurusan SKCK di Mapolres Malang Kota (Foto: Haris Sugiharto-aremamedia.com).

MALANG – Pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) membuat permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Malang Kota, meningkat.

Personil Bagian Urusan (Baur) SKCK Polres Malang Kota, Aiptu Soesanti Kusumawardani, membenarkan peningkatan permohonan SKCK tersebut untuk keperluan CPNS. “Ada juga untuk mencari kerja lain,” ujarnya.

Pada hari biasa, kata Soesanti, jika pengajuan SKCK biasanya hanya antara 30 hingga 50 permintaan, dalam sepekan ini meningkat.

“Antara 100 hingga 200 permohonan pengurusan SKCK, dan rata-rata yang mengajukan berusia antara 20 hingga 30 tahun,” ungkapnya.

Meski terdapat peningkatan sigbifikan, Soesanti mengaku pihaknya tidak menambah jam pelayanan karena fakto setoran ke bank.

“Pelayanan tetap dari jam 08.00 WIB sampai 13.30 WIB,  sementara Sabtu hanya sampai pukul 11.00. Kami tidak melakukan tambahan jam layanan karena ada batasan setor ke bank. Kalau jamnya ditambah, tidak bisa disetor,” papar dia.

Untuk memaksimalkan pelayanan, pihaknya melakukan penambahan personil. “Biasanya hanya empat orang, sekarang jadi delapan orang,” imbuh dia.

Soesanti menambahkan, membludaknya pengajuan pembuatan SKCK diprediksi akan berlangsung hingga satu minggu mendatang.

“ Biasanya berdasarkan pengalaman menjelang CPNS akan terus terjadi peningkatan hingga satu minggu hingga pendaftaran ditutup,” tandasnya. (*)

Pewarta : Haris Sugiharto
Editor : Noordin Djihad