Menyongsong Era Industrialisasi 4.0 Dewan Pendidikan Kota Batu Ingatkan Orang Tua Isi Gadget Anak

Menyongsong Era Industrialisasi 4.0 Dewan Pendidikan Kota Batu Ingatkan Orang Tua Isi Gadget Anak

Masa-masa terindah siswa ketika sibuk membaca buku dan belum terpengaruh gadget. (foto: hipwee.com)

BATU – Upaya Dewan Pendidikan Kota Batu untuk mempersiapakan generasi muda di era digital sudah dilakukan. Berbagai program dan wacana betul-betul dipikirkan dan dilaksanakan. Tujuannya supaya para lulusan SMK/SMA mampu bersaing dan menghadapi tantangan.

Terkait rencana industrialisasi 4.0, tidak hanya siswa yang dituntut untuk mengembangkan diri. Peningkatan mutu tenaga pendidik juga harus diperhatikan. “Selain itu penguatan fasilitas belajar juga penting guna kelancaran kegiatan para siswa,” ujar Ketua Dewan Pendidikan Kota Batu, Budi Prasetio.

 

Anak-anak tetap perlu diawasi saat memanfaatkan gadget. (foto:Didno76.com)

 

Dewan pendidikan juga mendorong pencanangan Kota Batu sebagai kota literasi. “Supaya anak dapat memahami literasi yang baik dan benar. Meskipun percakapan melalui seluler, tetap harus menggunakan bahasa yang santun,” tambahnya.

Masih kata Budi, dampak sosial dari semua ini juga perlu dicermati. Orang tua harus memperhatikan anaknya menggunakan telepon seluler (ponsel). “Tidak hanya itu, orang tua juga harus mengetahui apa saja yang ada pada ponsel anak-anak mereka,” ingat Budi.

Budi juga menjelaskan perubahan Kota Batu yang semula agraris menjadi pariwisata juga membawa dampak sosial tersendiri. “Kembali kepada program, Dewan Pendidikan nantinya akan melibatkan beberapa lembaga yang berkaitan seperti Dinas Perindustrian, Pariwisata, Pertanian, Kepala Desa dan Pelaku Usaha,” tutupnya. (*)

Pewarta : Iwan Setiawan (Mg-1)
Editor : Noordin Djihad