Menteri BUMN Optimistis Pengusaha Menengah Naik Kelas

Menteri BUMN Optimistis Pengusaha Menengah Naik Kelas

Menteri BUMN, Rini M Soemarno saat memberi keterangan pers kepada wartawan.(Foto: Haris Sugiarto/aremamedia.com)

MALANG – Menteri BUMN, Rini Mariani Soemarno optimistis pengusaha muda skala kecil dan menengah naik kelas. Hal ini disebabkan banyaknya kemudahan di era digital.

“Kementerian BUMN saat ini juga banyak mendorong pemuda untuk menciptakan usahanya secara mandiri melalui berbagai program,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (15/9/2018).

Terlebih ada program pemberian modal sebesar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta untuk membantu usaha skala kecil. “Dana itu ada di setiap kementerian yang memang diperuntukkan membangun wirausahawan,” tambah Rini usai menghadiri  acara Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2018 di Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Rini sangat berharap dunia usaha didorong adar dapat menjadi pengasuh bahkan membantu usahawan muda dalam mengembangkan usahanya.

“Dengan pola pengembangan yang berkelanjutan akan dapat mendorong munculnya ususahawan-usahawan muda yang akan menciptakan lapangan kerja baru,” tandasnya.

Di sisi lain, Rini juga berharap para pemuda saat ini harus bisa menciptakan inovasi di era digital seperti saat ini .
“ Jika tidak, maka akan ditinggalkan. Apalagi di era milenial, inovasi sangat diperlukan mengikuti perkembangan teknologi karena saat ini seluruh informasi dapat diakses dengan mudah melalui digital,” tuturnya.

Segala kemudahan telah diberikan teknologi. Terlebih dengan luasnya peluang memasarkan produk melalui sistem online . “Cukup dengan membuka ponsel sudah tersedia semua yang diinginkan,” ujarnya.(*)

Pewarta : Haris Sugiharto
Editor : Noordin Djihad