Menang 2-0, Tuan Rumah Jember Singkirkan IAIN Madura dari Puncak Klasemen

Menang 2-0, Tuan Rumah Jember Singkirkan IAIN Madura dari Puncak Klasemen

Gol kedua yang diciptakan kapten kesebelasan IAIN Jember Ainur Rofiq. (Foto: M. Nurul Yaqin)

JEMBER – Tim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember berhasil meraih tiket ke perempat final piala bergilir Kementerian Agama. Tiket ini didapat pada pertandingan paling menentukan dalam laga pamungkas penyisihan klasemen Grup 3 di Stadion Imam Nahrawi, Selasa (26/11/2019). IAIN Jember menang 2-0 atas IAIN Madura.

Kemenangan IAIN Jember ini tidak lepas dari peran kapten kesebelasan Ainur Rofiq yang sukses mencetak brace di laga penuh gengsi tersebut.

Duel IAIN Jember vs IAIN Madura berlangsung ketat dan seru. Kedua tim sama-sama ngotot untuk meraih tiket perempat final. Madura harus ngotot karena hanya kemenangan yang membawa mereka ke babak selanjutnya. Bagi Jember hasil imbang saja sudah cukup untuk mengantarnya ke semifinal.

Madura membuka harapan untuk lolos saat babak pertama di menit-menit awal IAIN Jember dikagetkan dengan peluang manis lewat umpan silang antara Qurosi dan Diyas. Sayangnya usaha itu masih belum berhasil karena bola membentur tiang gawang yang dijaga Joko.

Tuan rumah tidak mau tinggal diam. Serangan balik terus gencarkan ke lini pertahan Madura. Pada menit ke-10 akhirnya kapten kesebelasan Ainur Rofiq berhasil membobol gawang Madura. Gol tersebut bermula dari pelanggaran yang dilakukan oleh pemain lawan di luar kotak penalti, tendangan bola mati itu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Rofiq. Pagar hidup tim lawan tidak mampu menghadang tendangan keras Rofiq yang menusuk di sudut penjaga gawang Madura, Fajar. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Madura bangkit dari ketertinggalannya. Serangan terus digencarkan untuk menyamakan kedudukan. Namun, usahanya itu masih bisa dipatahkan lini pertahanan tuan rumah yang begitu ketat untuk ditembus.

Pada menit ke-40 kedua tim lebih agresif, duel antarpemain terlihat sangat sengit. Kedua kubu sering melakukan pelanggaran sehingga wasit mengambil keputusan memberikan kartu kuning untuk pemain Madura, Basirurrohman pada menit 42 dan pemain Jember, Ujan di menit 51.

Selang beberapa menit, permainan kembali berjalan. Tim IAIN Jember terus berupaya untuk memperlebar kedudukan. Gol kembali dihasilkan pada menit ke-53 oleh sepakan keras Rofiq. Gol ini lagi-lagi serupa dengan sebelumnya, tendangan keras dari luar kotak penalti tidak mampu ditepis oleh penjaga gawang Madura. Skor berubah 2-0 hingga laga usai.

Kemenangan tim tuan rumah di sambut meriah oleh Rektor IAIN Jember, Prof Dr Babun Suharto, pelatih kesebelasan, official dan juga para suporter.

Menurut manajer IAIN Jember FC, Rosyadi Badar, kemenangan ini berkat kerja keras dari tim maupun arahan pelatih sehingga tim asuhannya menjadi juara grup di puncak klasemen. “Ini adalah kebanggaan untuk kita semua. Kemenangan ini masih belum selesai. Banyak yang perlu dipersiapkan untuk pertandingan selanjutnya agar kontingen IAIN Jember tidak terkalahkan,” paparnya singkat.

Sementara pelatih tim IAIN Madura, Gilang Fajrul F mengakui kekalahan atas IAIN Jember. “Tim kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menang namun tim lawan masih jauh lebih kuat. Dengan kekalahan ini akan menjadi pembelajaran untuk kami lebih siap lagi di turnamen selanjutnya,” pungkasnya.(*)

Penulis : Nurul Yaqin

Segala isi naskah di citizen journalism ini menjadi tanggung jawab penulis

sepenuhnya dan tidak termasuk berita yang menjadi tanggung jawab redaksi