Masih Terlalu Tangguh Untuk Digeser, Semua Petahana Bertahan

Masih Terlalu Tangguh Untuk Digeser, Semua Petahana Bertahan

Calon Kepala Desa Junrejo, Hadi Wignyo dan Andi Faizal Hasan saat pelaksanaan pemungutan suara. (Foto: Doi Nuri - aremamedia.com)

BATU – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kota Batu, usai digelar kemarin, Rabu (2/10/2019). Dari 11 desa tersebut, tiga di antaranya calon kepala desa (Cakades) wajah baru, yakni Beji, Punten dan Giripurno. Delapan desa lain yang diikuti petahana, semua masih digdaya. Dengan kata lain kedelapan petahana berhasil mempertahankan jabatan lamanya sebagai kepala desa.

Secara keseluruhan gelaran Pilkades serentak berjalan lancar, meski Desa Beji baru selesai atas proses penghitungan suaranya sekitar pukul 02.00 dinihari, Kamis (3/10/2019). Tidak ada kisruh di 11 desa yang menggelar pemungutan suara.

“Hingga semalam, bahkan dinihari tadi ketika Desa Beji selesai, alhamdulillah tidak ada catatan kerusuhan atau pelanggaran apapun. Intinya aman lancar,” tegas Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan, Dyah Liestina.

Dari tiga wajah baru yang bertarung memperebutkan Kepala Desa Beji, akhirnya dimenangkan Cakades nomor 1, Deny Cahyono dengan total suara 1479. Angka tersebut menyingkirkan dua kandidat lainnya, nomor 2 Dedy Irawan, yang mengumpulkan 544 suara, dan Cakades nomor 3, Iwan Riswantoro, ST dengan pengumpulan 1446 suara.

Persaingan dua wajah baru di Desa Punten, dimenangkan oleh Hening Trisunu yang memperoleh 2.520 suara. Hening menyingkirkan lawannya, Suliani yang hanya memperoleh 502 suara. Sementara itu, geliat Pilkades Desa Giripurno dimenangkan Suntoro dengan meraih 3.454 suara, dan mengalahkan wajah baru lainnya, Slamet yang hanya memperoleh 1.192 suara.

Sementara itu, delapan petahana yang berhasil mempertahankan jabatannya meliputi Desa Tulungrejo dimenangkan Suliono dengan 2.325 suara, Desa Bumiaji dimenangkan Edy Suyanto setelah mendapat 2.150 suara. Petahana dari Desa Gunungsari Andi Susilo mempertahankan jabatannya dengan 3.025 suara.

Petahana ke empat dari Desa Junrejo, Andi Faizal Hasan mengungguli penantangnya dengan perolehan 3.136 suara. Kemenangan dengan perolehan1.501 suara dimiliki Sugeng Santoso, mengantarkan dirinya kembali memimpin Desa Torongrejo.

Desa Sidomulyo kembali dimenangkan oleh petahana Suharto dengan perolehan 1.832 , sementara itu Desa Sumberejo dimenangkan oleh Riyanto dengan perolehan 1.829 suara. Terakhir, Wiweko dengan perolehan 2.339 suara melengkapi catatan dominasi petahana pada Pilkades serentak Kota Batu 2019. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad