MAN 2 Malang Gratiskan Siswa Hafidz dan Keluarga Kurang Mampu

MAN 2 Malang Gratiskan Siswa Hafidz dan Keluarga Kurang Mampu

Calon siswa baru sedang melakukan tes akademik di MAN 2 Malang. (Foto: Doi Nuri-aremamedia.com)

MALANG – Berbahagialah siswa lulusan SMP/Mts yang hapal Alquran (hafiz) dan ingin melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang. Madrasah terbaik ini memberi beasiswa kepada para hafiz yang hapal Alquran minimal 20 juz. Beasiswa juga diberikan kepada siswa yang tidak mampu secara ekonomi.

Waka Kesiswaan MAN 2 Malang, Adi Siswanto mengatakan hal itu di sela tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Sabtu (27/4/2019).

Ditambahkan Adi, tes PPDB tahun ini diikuti 1.289 calon siswa baru. Dari ribuan calon tersebut, hanya 995 yang lolos verifikasi dan berhak mengikuti ujian penentuan, yakni tes psikologi dan akademik.

“Hari ini calon siswa reguler yang lolos verifikasi tes psikologi dan akademik terbagi di 34 ruang kelas. Kalau jalur prestasi dari 616 yang daftar, 330 yang lolos verifikasi, dan itu dibuka pada bulan Februari dan Maret 2019,” jelasnya.

Untuk siswa kurang mampu dan berprestasi, kata Adi, khususnya hafidz dengan minimal hafalan 20 juz, maka ada beasiswa. “Beasiswanya berupa potongan biaya pendidikan hingga bebas biaya pendidikan,” terangnya.

Meski demikian, lanjutnya, peran komite sekolah selalu dilibatkan dalam proses penentuan beasiswa. “Seperti siswa yang kurang mampu, atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), kebijakan beasiswanya dimusyawarahkan bersama. Begitu juga penerima beasiswa prestasi, lanjut tidaknya juga berdasarkan kesepakatan bersama,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Doi Nuri
Editor: Noordin Djihad