Mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Setahun Mengajar Di Thailand

Mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Setahun Mengajar  Di Thailand

Mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) sedang mengikuti seleksi Program Magang ke Thailand

MALANG – Mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) mulai Januari 2019 ini bakal mengajar di sekolah setingkat SD sampai SMA di Thailand.

Program magang ini, kata Rektor IBU, Dr H Nurcholis Sunuyeko M.Si, dilakukan selama setahun dibagi menjadi 12 angkatan. “Setiap angkatan terdiri dari empat mahasiswa yang akan tinggal selama sebulan,” kata Nurcholis didampingi Kepala Bidang Kerjasama dan Humas (Bikhum), Dr Rochsun, M.Kes di ruang kerjanya, Rabu (2/1/2018).

Program ini, lanjut Nurcholis, merupakan kerja sama dengan Yayasan Lukmanul Hakim, Thailand. “Selain mengajar Bahasa Indonesia, mereka juga mengajar ngaji,” tuturnya.

Program magang ini terbuka untuk seluruh mahasiswa. “Tidak ada batasan harus semester VII, kesempatan ini diberikan kepada seluruh mahasiswa aktif. Yang penting mereka lolos seleksi dan harus memiliki kemampuan membaca Alquran,” terang Nurcholis yang ikut memantau seleksi mahasiswa ke Thailand di Kampus A.

Untuk angkatan I, tercatat 20 mahasiswa mengikuti seleksi, disaring menjadi empat orang. “Yang lolos, berangkat ke Thailand pada 27 Januari 2019 mendatang. Selama sebulan mereka tinggal di Thailand. Sepulang dari Thailand, menyusul angkatan II, dan seterusnya,” imbuhnya.

Ditambahkan, bagi mahasiswa yang lolos seleksi dan magang mengajar di Thailand, nilainya bisa dikonversikan ke salah satu mata kuliah wajib. “Mereka bisa memilih dikonversikan ke Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau praktik mengajar bahkan Pengabdian Masyarakat Berbasis Pendidikan (PMBP),” terangnya.

Bagi mahasiswa yang belum lolos, masih diberi kesempatan mengikuti seleksi antara lain memiliki ketrampilan mengajar, kemampuan komunikasi bahasa Indonesia dan Inggris yang cukup serta kemampuan membaca Alquran.(*)

Pewarta : SM Nunggal
Editor : Noordin Djihad