Mahasiswa IBU Tak Asing Lagi Kuliah Daring

Mahasiswa IBU Tak Asing Lagi Kuliah Daring

MALANG – Pembelajaran daring atau online bagi civitas akademika IKIP Budi Utomo (IBU) Malang bukan hal baru lagi. Meski baru beberapa kelas, realitanya kuliah via online sudah dilakukan.

Hal ini dikatakan Rektor IBU, Dr Nurcholis Sunuyeko MSi, menanggapi perkuliahan online bagi mahasiswa akibat munculnya wabah Covid-19 atau virus corona.

“Memang, gara-gara wabah
Covid-19, sistem pembelajaran diganti dengan via online. Tapi itu sudah kami lakukan tahun lalu, jauh sebelum munculnya Covid-19,” jelas Nurcholis, Rabu (25/3/2020).

Mahasiswa, lanjutnya, sejak masuk IBU sudah mendapat tablet. Fungsinya untuk mengganti perkuliahan tatap muka dengan sistem online. “Tidak ada lagi kertas dan pulpen karena diganti dengan E-Paper,” tegasnya.

Saat ini, perkuliahan online diberlakukan untuk semua mahasiswa tanpa kecuali. “Jadi mahasiswa tak perlu ke kampus, namun cukup melalui gadget di rumah atau kos masing-masing,” imbuhnya.

Sistem online tidak hanya untuk kuliah, namun juga penerimaan mahasiswa baru 2020.

Dikatakan Nurcholis, IBU membuka PMB online sejak 23 Maret 2020 lalu. “Buat orang tua siswa yang ingin anaknya kuliah di IBU sudah bisa daftar lewat online, wawancara online, herregistrasi online sampai validasi online,” terangnya.

Dengan demikian calon mahasiswa IBU tidak perlu datang ke kampus, tapi cukup mendaftar melalui gadget di link pendaftaran http://maba.budiutomomalang.ac.id dan mengisi formulir yang sudah disediakan.(*)

Pewarta : Noordin Djihad