Mahasiswa FAI UMM, Berikan Pelatihan Tahfidz Qur’an Tematik di Lampung

Mahasiswa FAI UMM, Berikan Pelatihan Tahfidz Qur’an Tematik di Lampung

Ayu Wilatika dalam kegiatan pelatihan tahfiz tematik saat KKN beberapa waktu lalu. (Foto: Ayu Nur Wulandari)

BANDAR LAMPUNG – Mahasiswa KKN PMM Kelompok 39 Gelombang 11, Ayu Wilatika berkegiatan beda dibanding mahasiswa lain. Mahasiswa semester VII UMM ini saat KKN memberikan pelatihan Metode Tahfidz Qur’an Tematik (TQT) pada anak-anak di Panti Asuhan Budi Mulya Muhammadiyah Bandar Lampung, Kamis (19/11/2020).

 

Ayu menjelaskan, metode ini menggunakan pendekatan multiple intellegences dan menyesuaikan dengan gaya belajar anak : auditori, visual, dan kinestetik. “Pembelajaran akan dimulai dari menonton video tentang tema yg dipilih, dan cara menghafal potongan ayat dengan ditalqin (menuntun tambahan hafalan). Waktu pemberian mufrodat bisa dikombinasikan dengan lagu-lagu yang familiar di telinga anak agar memudahkan kata kunci dan terjemah,” terang Ayu.

 

Salah satu siswi yang juga penghuni panti asuhan, Afini, mengaku pelatihan seperti ini ternyata memberi kesan tersendiri bagi anak-anak di Panti Asuhan Budi Mulya. “Saya sangat senang karena cara menghafal Al-Qur’an jadi mudah dan bisa paham. Pokoknya tidak membosankan,” ungkap siswi Kelas XII MA tersebut.

 

Sementara itu pengajar di Panti Asuhan Budi Mulya Muhammadiyah Sukarame Nur Retno Eriyani memberikan tanggapan positif dengan adanya pelatihan metode TQT ini. “Biasanya hafalan itu kan selalu diurutkan, misalkan hafalan juz 30 urut dari surat An-Naba sampai An-Nas. Dengan metode TQT ini hafalan mereka bertambah beserta kosa katanya,” ujarnya.

 

Ayu sendiri berharap pelatihan metode TQT ini membuat anak-anak di panti asuhan lebih bersemangat dalam menghafal dan mentadaburi Al-Qur’an. “Metode TQT dapat dikatakan metode yang terbilang unik lantaran dapat memberi kesan pada peserta didik,” ujarnya seraya menambahkan, metode yang digagas Lailatul Fithriyah Azzakiyah asal Malang tersebut sebenarnya sudah beberapa kali diterapkan pada anak-anak di berbagai kota bahkan hingga ke mancanegara.(*)

 

Biodata :

Nama : Ayu Nur Wulandari

TTL : 24 April 1999

Prodi : Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang

Alamat : Jl. Karyawiguna Greenhouse 84C, Malang