Lima Kreasi Bekal Sekolah Anak yang Sehat

Lima Kreasi Bekal Sekolah Anak yang Sehat

sumber foto : hellosehat.com

MEMBAWAKAN bekal makanan ke sekolah untuk anak mempunyai banyak manfaat. Di samping menghemat uang jajan, bekal anak juga terjamin kebersihan dan gizinya dibanding jajan di sekolah.

Banyak pedagang nakal yang menggunakan bahan-bahan tidak aman dan sehat. Misal memakai pewarna bukan untuk makanan agar warna makanan atau minuman yang ia jajakan lebih menarik perhatian anak. Ada juga yang memakai bahan pengawet secara berlebihan. Bahkan tak sedikit pedagang memakai bahan-bahan yang sudah rusak. Hal ini tentu saja membahayakan kesehatan anak. Anak bisa sakit dan prestasi di sekolah juga dapat menurun.

Jika Anda sayang anak, sebenarnya banyak kreasi makanan yang dapat dibawa anak ke sekolah. Tentu saja tergantung dari kreativitas Anda tentunya.

Yang penting jangan lupa untuk selalu membawakan bekal anak yang terdiri dari gizi seimbang.

Makanan sumber karbohidrat bisa didapat dari nasi, roti, mie, kentang, dan pasta. Harap diingat karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh.

Makanan sumber protein seperti daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, keju, dan lainnya. Protein ini diperlukan untuk pertumbuhan dan mempertahankan sel atau jaringan yang sudah terbentuk.

Makanan sumber vitamin dan mineral, misalnya sayuran dan buah-buahan sebagai sumber serat. Ini dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan anak dan mencegah anak dari sembelit.

Seperti dikutip https://hellosehat.com/parenting/, beberapa ide makanan sehat yang dapat dibawa anak ke sekolah, yaitu

1.   Onigiri

sumber foto : hellosehat.com

Selera makan anak akan bertambah jika anak suka dengan makanannya. Salah satu cara agar anak tertarik untuk makan adalah dengan membentuk makanan menjadi unik, seperti tokoh kartun atau wajah hewan. Namun, jika Anda terlalu sulit untuk melakukannya, Anda bisa membentuknya segitiga seperti onigiri atau nasi kepal. Tambahkan dengan nori atau rumput laut menyelimuti nasi.

Sebagai lauk, Anda bisa membuat ikan goreng tepung. Pilih fillet ikan yang tidak banyak mempunyai duri sehingga anak aman memakannya. Untuk sayuran, Anda bisa menambahkan tumis brokoli yang dipotong seperti pohon kecil dan wortel yang dipotong panjang. Pasti anak akan menyukainya.

2.   Omurice

sumber foto : Live Japan.com

Menu kedua yaitu omurice atau nasi yang dibalut dengan omelet. Agar makanan anak tambah lengkap, tambahkan sayuran saat membuat omelet, sayuran tersebut bisa berupa buncis, wortel, brokoli, paprika, kol, dan lainnya. Taruh nasi di atas omelet, lalu gulung. Anda bisa menambahkan sosis atau bola-bola daging sebagai lauk tambahan.  Tambahkan selada dan tomat sebagai sayurannya. Atau Anda juga bisa menambahkan buncis, wortel, jagung manis, dan kacang polong yang direbus sebagai sayuran.

3.   Roti sandwich

sumber foto : pinterest

Jika bosan dengan nasi, Anda dapat membawakan roti sebagai bekal anak. Ini sangat praktis. Roti bisa diisikan dengan daging atau telur + keju (sebagai sumber protein dan lemak), dan selada + tomat (sebagai sumber vitamin dan mineral). Anda bisa menambahkan mayonaise untuk menambah rasa. Anda juga bisa menyertakan kentang goreng disamping roti sandwich. Atau bisa juga Anda membuat perkedel yang berisi sayuran di dalamnya.

4.   Nasi bento

sumber foto : hellosehat.com

Anda bisa membuat nugget sendiri di rumah dan menambahkannya dengan berbagai macam sayuran agar lebih bergizi. Anda bisa menambahkan sayuran, seperti wortel, buncis, jagung manis, brokoli, kacang polong, dan lainnya. Campurkan sayuran tersebut bersama gilingan daging ayam, kemudian balut dengan tepung. Anda bisa menyertakan salad yang terdiri dari wortel dan kol yang dipotong panjang dan tipis, jangan lupa tambahkan mayonaise agar rasanya lebih enak. Tambahkan juga timun dan tomat.

5.   Mie goreng

sumber foto : detikFood.com

Bosan dengan nasi? Anda bisa mengganti sumber karbohidratnya menjadi mie. Anak-anak biasanya sangat suka dengan mie. Anda bisa membuat mie goreng  sendiri di rumah dan jangan lupa tambahkan sayur-sayuran agar lebih sehat. Anda bisa memasukkan sawi, kol, wortel dan kacang polong ke dalam mie goreng tersebut. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa tambahkan telur mata sapi/telur dadar, atau Anda bisa menambahkan seafood, seperti cumi-cumi dan udang, yang merupakan sumber protein. Jadi, deh!

Buah dan air tak boleh lupa
Jangan lupa untuk selalu menambahkan buah dalam setiap bekal anak. Contohnya seperti apel, pir, melon, jeruk, pisang, kiwi, semangka, anggur, dan lainnya. Anda bisa membawakan buah yang sudah dipotong kecil-kecil agar anak bisa langsung memakannya. Bawakan juga air putih karena minum air putih dalam jumlah cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan anak. (*)

Pewarta : Noordin Djihad
Sumber : https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/5-ide-bekal-sehat-untuk-anak/