Libur Panjang, Volume Wisatawan Batu Diprediksi Naik 30 Persen

Libur Panjang, Volume Wisatawan Batu Diprediksi Naik 30 Persen

foto: Wisatawan domestik berfoto di Jatim Park (M Dhani Rahman / aremamedia/com)

BATU –  Dinas Pariwisata Kota Batu memprediksi kunjungan wisatawan ke Kota Batu di periode liburan lebaran tahun ini akan membuat kunjungan wisata di kota apel ini akan mengalami kenaikan hingga 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

        Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono menjelaskan, selain penambahan cuti lebaran yang membuat wisatawan memiliki banyak waktu untuk rekreasi, perkiraan volume wisatawan tersebut juga disebabkan karena makin banyaknya objek wisata baru di kota tersebut.

        “Prediksi kita 30 persen kenaikannya, selain masa liburannya panjang, wahana kita bertambah, kurang lebih ada delapan wahana baru tahun 2018 ini, “ kata Imam Suryono.

       Wahana baru tersebut mulai dari Jatim Park 3, Wukir Wisata, Coban Lanang Pandanrejo serta ada beberapa pengembangan obyek wisata, seperti di Oyot yang berada di Coban Talun.

“Tentu saja tetap didominasi wisatawan domestik, mancanegara tetap ada, tapi hanya sedikit, biasanya wisatawan dari Malaysia, “ ujarnya.

     Imam mengharap para pelaku usaha kuliner tidak libur saat Hari Raya Idul Fitri mengingat pada periode tersebut adalah peak season bagi para pelaku usaha pariwisata.

“Jangan sampai tutup, kebutuhan wisatawan harus dilayani, selain itu pas ramai-ramainya, pendapatan masyarakat pasti meningkat, “ ujarnya.

     Kemacetan bagi Imam Suryono bukanlah masalah, tapi sebuah berkah bagi masyarakat, terutama bagi pedagang kecil. Dinas Pariwisata pun tidak meliburkan Pusat Informasi Pariwisata, bahkan ditempatkan pegawai pada setiap pos pengamanan.

     “Harapannya, ketika wisatawan sudah menanyakan informasi wisata, petugas bisa langsung menerangkan kepada wisatawan,” tukas dia.(*)

 

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman

Editor : Shuvia Rahma